Kompas.com - 22/05/2017, 19:00 WIB
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Hari ini 27 tahun lalu, Republik Demokratik Rakyat Yaman atau Yaman Selatan dan Republik Arab Yaman alias Yaman Utara sepakat bersatu menjadi sebuah negara bernama Yaman.

Tak seperti Jerman Barat dan Timur, Korea Utara dan Selatan atau Vietnam Utara dan Selatan kedua Yaman terbentuk bukan karena perang saudara atau pendudukan.

Yaman Utara lahir menjadi negara baru setelah Kekhalifahan Ottoman runtuh pada November 1918, sementara saat itu Yaman Selatan merupakan bagian dari koloni Inggris.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Militer Uni Soviet Mundur dari Afganistan

Dalam satu dari banyak konflik proxy di masa Perang Dingin, dua partai nasionalis di Yaman Selatan yang didukung Uni Soviet melakukan pemberontakan.

Alhasil, Inggris terpaksa mundur dari koloninya itu dan menjadikan Yaman Selatan negara baru.

Pada perkembangannya, Yaman Selatan memilih berhaluan Marxist dan menjadi satu-satunya negara berhaluan komunis di Timur Tengah.

Sejak terbentuk, Yaman Selatan banyak menerima dana dan bantuan lainnya dari Uni Soviet.

Pada Oktober 1972, kedua Yaman terlibat konflik bersenjata. Yaman Utara disokong Arab Saudi sementara Yaman Selatan didukung Uni Soviet.

Perang ini berlangsung singkat dan memicu digelarnya pertemuan di Mesir dan menelurkan Kesepakatan Kairo pada 28 Desember 1972.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.