Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan India Capai Puncak Everest Dua Kali dalam 5 Hari

Kompas.com - 22/05/2017, 05:36 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang perempuan India mencatatkan rekor baru setelah dia sukses mendaki Gunung Everest dua  kali dalam waktu kurang dari sepekan.

Anshu Jamsenpa (37) sukses mendaki gunung setinggi 8.848 meter itu pada 16 Mei lalu. Namun, bukannya beristirahat setelah meraih prestasi dia malah kembali mendaki gunung tersebut.

Alhasil, pada 21 Mei lalu, Jamsenpa kembali tiba di puncak gunung tertinggi di dunia itu untuk kedua kalinya.

Baca: Junko Tabei, Perempuan Pertama Penakluk Everest Meninggal Dunia

Hasil yang dicapai Jamsenpa ini sekaligus menyingkirkan rekor lama atas nama Chhurim Sherpa yang pada 2012 dua kali mencapai puncak Everest dalam waktu sepekan.

Berbicara kepada harian The Hindustan Times, suami Jamsenpa, Tsering Wange mengatakan, prestasi istrinya adalah karunia dari Tuhan.

"Tuhan sudah menjawab doa para penggemar istri saya di Arunachal Pradesh, di seluruh India, dan seluruh dunia," kata Tsering yang juga adalah presiden Asosiasi Olahraga Petualangan dan Mendaki Gunung Arunachal Pradesh.

Sebelum berangkat melakuan pendakian, Jamsenpa dikabarkan menerima berkat dari Dalai Lama.

"Tujuan utama saya adalah mengibarkan bendera India di puncak Everest dan menghormati Sang Buddha. Saya juga meminta doa dan dukungan dari seluruh bangsa India," kata Jamsenpa sebelum memulai pendakian keduanya.

Ini bukan kali pertama Jamsenpa mencoba mendaki Everest dua kali berturut-turut. Pada 2011, Jamsenpa sudah pernah melakukannya tetapi dalam jangka waktu 10 hari.

Secara total, Jamsenpa sudah mendaki Everest sebanyak lima kali tetapi dalam beberapa tahun terakhir dia absen mengunjungi atap dunia itu.

Baca: Mengapa Everest Begitu Mematikan?

Hal itu dia lakukan setelah terjadi bencana longsor yang menewaskan 16 orang pemandu asal Nepal pada 2014 dan bencana gempa 2015 yang memicu longsor penyebab kematian 18 orang pendaki.

Sebanyak 120 orang pendaki gunung berhasil mencapai puncak Everest meski sempat terhalang cuaca buruk.

Sepanjang tahun ini sudah dua orang pendaki tewas dalam upaya mencapai puncak Everest, termasuk pendaki ternama asal Swiss, Ueli Steck.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com