Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mattarella Terima Dubes Esti, Indonesia Contoh Cara Kelola Keberagaman

Kompas.com - 20/05/2017, 15:23 WIB

ROMA, KOMPAS.com  - Duta Besar Esti Andayani secara resmi menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credence) dari Presiden Joko Widodo, atas penunjukannya sebagai Duta Besar RI untuk Italia, kepada Presiden Italia Sergio Mattarella, 18 Mei 2017 pukul 17.45 waktu setempat.

Fungsi Penerangan KBRI Roma dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Sabtu (219/5/2017) menyebutkan, acara penyerahan surat kepercayaan dilaksanakan melalui rangkaian prosesi kenegaraan di Istana Kepresidenan Republik Italia.

Dubes Esti mendampingi Duta Besar Esti Andayani adalah Wakil Kepala Perwakilan RI di Roma, Des Alwi, Counsellor Politik KBRI Roma, Carolina Tinangon, serta Atase Pertahanan RI di Roma, Kolonel (Laut) Bambang Dharmawan.

Baca: Senin Siang Ini, Jokowi Lantik 17 Duta Besar Baru RI

Penugasan itu menjadikan Esti sebagai duta besar perempuan pertama dari Indonesia untuk Italia.

Esti menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk Presiden Italia dan seluruh warga negara Italia seraya menegaskan komitmen Indonesia untuk mempererat kerja sama bilateral kedua negara.

Menurut Esti penugasannya di Italia ini merupakan bagian dari upaya-upaya pencapaian visi dan misi Pemerintah RI sebagaimana tertuang dalam Nawacita-nya Presiden Jokowi.

Esti dan Mattarella mendiskusikan antara lain penguatan hubungan bilateral melalui peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan, dialog antar-budaya, dan hubungan orang ke orang.

Baca: Dubes RI di Italia Berharap Indonesia Garap Wisata Kapal Pesiar

Mereka optimis kemitraan kedua negara akan semakin terjalin, seiring dengan kerja sama dalam berbagai forum internasional, termasuk forum negara-negara G-20.

Contoh keberagaman

Presiden Mattarella memandang Indonesia sebagai negara dengan penduduk yang majemuk dan dapat menjadi contoh dalam mengelola keragaman sosial budaya.

Dalam hal ini, diharapkan dalam waktu dekat dapat dilaksanakan kegiatan dialog antarbudaya dan antarkeyakinan antara RI dan Italia.

Disadari pula pentingnya promosi pariwisata dan budaya untuk meningkatkan saling pengertian maupun kerja sama antara masyarakat kedua negara.

Baca: Gaet Pengusaha Italia, KBRI Roma Gelar "Investment Day" di Milan

Presiden Mattarella juga kembali menyampaikan undangannya agar Presiden Joko Widodo dapat melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Italia.

Setelah menyerahkan Surat Kepercayaan, Dubes Esti menemui masyarakat Indonesia di Wisma Indonesia Roma.

Dalam kesempatan tersebut, Esti memohon kerja sama serta dukungan dari segenap warga dan diaspora Indonesia yang berada di Italia agar pelaksanaan tugasnya dapat berjalan baik.

Selain itu, Esti juga meminta agar setiap komponen bangsa dapat terus menjaga silaturahim dan persatuan meski berada jauh dari Tanah Air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com