Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Inggris Tidak Akan Meninggalkan Eropa"

Kompas.com - 20/05/2017, 09:28 WIB
Jalu Wisnu Wirajati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Inggris dalam proses keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Namun, Pemerintah Inggris menjamin hal tersebut takkan mengganggu hubungan dengan negara-negara lain di Eropa daratan.

Hal tersebut dikatakan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam T Malik, pada peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (17/5/2017).

"Kami akan meninggalkan Uni Eropa, tetapi tidak akan 'meninggalkan' Eropa," kata Malik pada pidato sambutannya.

"Kami akan tetap menjadi negara Eropa dengan kepedulian yang kuat terhadap kemakmuran dan keamanan mitra kami di wilayah Eropa," tuturnya melanjutkan.

Musim gugur 2017, Pemerintah Inggris akan memberlakukan undang-undang keluar dari Uni Eropa dan memasukkan semua UU Uni Eropa yang berlaku di Inggris ke dalam UU Inggris.

Diharapkan, pada Oktober 2018, perundingan Uni Eropa berakhir. Dengan begitu, mulai Maret 2019, Inggris secara resmi keluar dari Uni Eropa.

"Inggris akan tetap ada sebagai sebuah negara global. Negara 'baru' yang secara politik, ekonomi, dan moral lebih berpandangan ke luar dan terlibat dengan dunia dibandingkan sebelumnya," ucap Malik.

Baca juga: Moazzam Malik, Dubes Muslim Inggris Pertama untuk Indonesia

Tahun ini, Ratu Elizabeth II berusia 91 tahun pada 21 April lalu. Dia menjadi salah satu pemimpin negara tertua di dunia yang masih memerintah pada saat ini.

Istri dari Pangeran Philip itu mulai memerintah pada 6 Februari 1952. Namun, proses penobatan dia sebagai Ratu Inggris baru pada 2 Juni 1953.

 

Kompas TV Temui Dubes Inggris, Menteri Luhut Bahas Terumbu Karang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com