Kompas.com - 19/05/2017, 18:54 WIB
EditorErvan Hardoko

BANGKOK, KOMPAS.com - Seekor monyet liar yang mengalami obesitas karena kerap menyantap makanan cepat saji dan minuman bersoda sisa para turis akhirnya dipaksa untuk berdiet.

Para petugas kehutanan menangkap monyet gemuk yang diberi julukan "Uncle Fat" oleh warga distrik  Bang Khunthian, setelah foto kera itu viral di media sosial satu bulan terakhir ini.

Di banyak wilayah Thailand, monyet bebas berkeliaran sehingga menarik perhatian wisatawan yang kemudian memberi makan dan bermain dengan hewan-hewan itu.

Baca: Jaga Kesehatan, Monyet Mandrill Endus Feses Kawanan Mereka

Seekor monyet "normal" biasanya hanya berbobot maksimal 9 kilogram. Namun Uncle Fat berbobot tiga kali lebih berat dibanding monyet-monyet lainnya.

"Tak mudah menangkap dua. Dia adalah pimpinan kelompoknya, dan saat saya akan menangkapnya, saya harus bertarung dengan kelompoknya dengan menggunakan tongkat kayu," kata Kacha Phukem, petugas kehutanan yang menangkap Uncle Fat pada 27 April lalu.

"Uncle Fat memiliki anak buah yang membawakan makanan untuk dia. Namun, dia juga membagikan makanannya untuk monyet yang lebih muda," kata Supakarn Kaewchot, dokter hewan yang mengurus sang monyet gemuk.

Menurut Supakarn, Uncle Fat dalam kondisi kritis karena dia berisiko tinggi terkena serangan janting atau diabetes.

Uncle Fat diyakini berusia 10-15 tahun, untuk membantunya mengurangi berat badan, jumlah makanan yang bisa disantapnya maksimal seberat 400 gram.

Jenis makanan yang boleh dimakan juga dibatasi hanya berupa buah-buahan dan sayuran sebanyak dua kali setahun.

Halaman:
Sumber SCMP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.