Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan China Akan Bangun Gedung Tertinggi di Afrika

Kompas.com - 19/05/2017, 17:17 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan China sukses mengalahkan tujuh pesaingnya dan memenangkan proyek untuk membangun gedung tertinggi di Afrika.

Perusahaan milik negara China Railway Construction Company (CRCC), Kamis (18/5/2017), mengumumkan, pihaknya segera bekerja sama dengan perusahaan kontraktor besar di Maroko untuk membangun gedung setinggi 250 meter.

Gedung pencakar langit itu akan dibangun di ibu kota Maroko, Rabat yang merupakan simbol pembangunan di negeri Afrika Utara tersebut.

Baca: Gedung Tertinggi Pertama di Teheran Ambruk, Puluhan Petugas Pemadam Kebakaran Tertimbun

CRCC nantinya akan bertanggung jawab dalam 60 persen proyek raksasa yang menelan biaya tak kurang dari 380 juta dolar AS atau sekitar Rp 5 triliun.

Sedangkan perusahaan Maroko General Construction Company of Casablanca (TGCC) akan terlibat dalam 40 persen pembangunan gedung yang akan menjadi perkantoran, apartemen mewah, dan hotel itu.

Kesepakatan itu difinalisasi dalam ajang Belt and Road Forum di Beijing pekan ini, bersama proyek-proyek lain yang melibatkan China di berbagai negara.

Awal tahun ini, dua perusahaan konstruksi China meneken kerja sama untuk membangun menara kembar tertinggi di dunia yang akan berdiri di ibu kota Kamboja, Phnom Pehn.

Jika selesai dibangun, kedua menara itu masing-masing akan memiliki 133 lantai dengan tinggi gedung mencapai 560 meter.

Baca: Emas 24 Karat di Puncak Gedung Tertinggi di Melbourne

Gedung di Kamboja ini lebih tinggi 108 meter dibanding gedung tertinggi saat ini Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat ini, gedung tertinggi di Afrika adalah Carlton Centre di Johannesburg, Afrika Selatan yang menjulang setinggi 223 meter.

Sedangkan gedung tertinggi di Maroko saat ini adalah Menara Kembar Casablanca setingi 115 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com