Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Risau Hadapi Gelombang Pengungsi Venezuela

Kompas.com - 18/05/2017, 19:13 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com -  Pemerintah Brasil merasa khawatir atas peningkatan jumlah pengungsi yang terus mengalir ke perbatasannya dari Venezuela.

Terkait dengan masalah itu, Brasil pun merancang rencana menghadapi kemungkinan gelombang pengungsi jika krisis di Venezuela memburuk.

Menteri Pertahanan Brasil, Raul Jungmann, mengungkapkan hal itu pada Rabu (17/5/2017) waktu setempat atau Kamis (18/5/2017) WIB.

"Kami jelas khawatir dan yang paling dikhawatirkan adalah kondisi kemanusiaan," kata Jungmann kepada para wartawan, seperti dilaporkan Reuters.

Baca: Krisis Ekonomi Venezuela Makin Parah

"Kita harus memiliki satu rencana darurat yang siap untuk dilaksanakan jika keadaan semakin genting," ujar Jungmann.

Menurut otoritas Brasil, setiap hari lebih dari 6.000 warga Venezuela menyeberangi perbatasan untuk membeli berbagai kebutuhan dasar, terutama makanan dan obat-obatan.

Sebagian besar dari mereka kembali ke negaranya. Namun, yang menjadi kerisauan pemerintah Brasil ialah sebagian kecil menetap dan mencari pekerjaan di wilayah Brasil.

Masyarakat Brasil pada April lalu dikejutkan oleh kehadiran para perempuan dan anak-anak dari Venezuela yang mengemis di jalanan Manaus, kota terbesar di wilayah Amazon, Brasil.

Baca: Kerusuhan di Venezuela Belum Juga Reda, 42 Orang Tewas

Pemerintah di Boa Vista, ibu kota negara bagian Roraima mengatakan, sudah 30.000 pengungsi Venezuela datang sejak krisis politik dan ekonomi di negara tetangga itu meletus tahun lalu.

Kepolisian federal Brasil mengatakan, jumlah pengungsi yang berada di Boa Vista telah mencapai lebih dari 15.000 orang.

Senator lokal Roraima, Telmario Mota, mengatakan, warga Venezuela yang mencari pekerjaan dieksploitasi di Boa Vista.

Sedangkan perempuan-perempuan muda Venezuela dipaksa masuk ke dunia pelacuran di kota itu.

Baca: Masyarakat Internasional Khawatir atas Krisis di Venezuela

Satu rombongan Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi yang berkunjung ke Boa Vista, Rabu (17/5/2017), menemukan ada 6.000 warga Venezuela yang tinggal di tempat-tempat penampungan dan 5.000 lainnya dalam daftar tunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com