Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Masih Bisa Diakses di Thailand, Ancaman Tak Terbukti

Kompas.com - 16/05/2017, 12:06 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Hingga hari ini, Selasa (16/5/2017), para pengguna media sosial di Thailand, masih bisa mengakses laman Facebook.

Kabar ini menjadi istimewa, setelah sebelumnya otoritas di Negeri Gajah Putih tersebut mengancam akan menutup akses Facebook.

Ancaman tuntutan ini keluar menyusul desakan Thailand agar pihak Facebook mau menghapus seluruh konten yang dinilai mengancam keamanan nasional.

Seperti diberitakan Associated Press, regulator telekomunikasi Thailand pekan lalu mengatakan, Facebook Thailand diberi waktu hingga hari ini.

Dalam tenggang waktu itu, Facebook harus mengambil tindakan terhadap 131 alamat situs yang dianggap memuat konten yang mengancam keamanan atau yang melanggar undang-undang kerajaan.

Ancaman tersebut memicu kekhawatiran warga di negara itu. Selama ini, Thailand dikenal sebagai salah satu negara pengguna Facebook paling aktif di asia tenggara.

Kementerian Teknologi Komunikasi Informasi Thailand pernah melakukan blokade sementara terhadap akses Facebook, setelah kudeta militer Mei 2014. Kebijakan tersebut di masa itu memicu protes keras para netizen.

Baca: Facebook Diminta Hapus Posting Ujaran Kebencian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com