Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macron Tunjuk Edouard Philippe Jadi Perdana Menteri Perancis

Kompas.com - 16/05/2017, 07:07 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Pertanyaan warga Perancis akhirnya terjawab. Presiden Perancis Emmanuel Macron telah menunjuk perdana menteri dari kelompok konservatif, Senin (15/5/2017), untuk membantunya di pemerintahan.

Tokoh yang dipercaya Macron untuk memegang jabatan penting itu adalah Edouard Philippe.

Pria berusia 46 tahun itu adalah anggota parlemen dan Wali Kota Le Havre, yang berasal dari kelompok republiken.

2 Hari Jelang Pelantikan Presiden, Sosok PM Perancis Masih Misterius

Seperti diberitakan Associated Press,  langkah Macron ini merupakan catatan sejarah, di mana untuk pertama kalinya seorang presiden telah menunjuk perdana menteri dari luar kubunya tanpa paksaan.

"Saya mengatakan kepada diri sendiri, situasi kami begitu unik, sehingga kami harus mencoba sesuatu yang belum pernah dicoba sebelumnya," kata Philippe dalam siaran di jaringan televisi TF1.

"Philippe adalah perdana menteri yang akan membawa semua orang bersama-sama di seputar program pemersatu yang progresif, berani, dan menyatukan," kata Gerard Collomb, Wali Kota Lyon yang datang dari kelompok sosialis. 

Collomb sejak awal telah menjadi salah satu pendukung Macron.

Dengan penunjukkan ini, Macron melupakan beberapa pengikut setianya, termasuk Richard Ferrand, seorang mantan sosialis yang merupakan salah satu orang pertama yang bergabung dengan Macron tahun lalu, dengan jabatan Sekretaris Umum REM.

REM adalah partai "Republic on the Move" di mana Macron bernaung.

Christophe Castaner, Juru bicara kampanye Macron, mengatakan, ini adalah pilihan sulit yang harus dibuat di lingkaran dalam Macron. Saat ini, pertempuran untuk posisi di Istana Elysee telah dimenangkan Macron. 

Selanjutnya, sisa kabinet pemerintah diperkirakan akan diumumkan pada Selasa malam. Setelah penunjukkan ini, Macron pun bertolak ke Berlin untuk bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel. 

Baca: Sehari Setelah Dilantik, Macron Langsung Temui Merkel di Berlin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com