Kompas.com - 15/05/2017, 18:02 WIB
EditorErvan Hardoko

CANBERRA, KOMPAS.com - Sebagian warga Indonesia di Australia di Perth, Canberra, Sydney dan Melbourne berkumpul menyatakan solidaritas untuk Gubernur Jakarta (Non Aktif) Basuki Tjahaja Purnama yang dijatuhi hukuman penjara dua tahun dalam kasus penodaaan agama.

Aksi ini paling banyak diikuti warga Indonesia yang tinggal di Sydney. Diperkirakan sekitar 2.000 orang hadir di Botanical Gardens, hari Minggu (14/5/2017).

Warga berkumpul untuk berdoa bersama selama dua menit dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum membubarkan diri.

Donny Verdian adalah salah seorang yang hadir bersama istri, kedua anak dan mertuanya dalam acara ini.

Baca: Aksi Bela Ahok di Taiwan, Warga RI Banjiri "Taipei Main Station"

"Saya datang karena saya ingin memberi dukungan kepada Indonesia, lebih dari sekadar Ahok, untuk tetap berbhineka, ber-Pancasila dan mempertahankan kesatuan negara NKRI," katanya.

Di Melbourne, ratusan warga Indonesia berkumpul pada Sabtu (13/5/2017) siang di Box Hill Gardens, sekitar 20 km dari pusat kota.

Sebagian dari mereka setelah menyatakan solidaritas untuk Ahok, mendatangi Satay Festival sebuah ajang yang sudah 27 tahun diselenggarakan warga Indonesia di negara bagian Victoria.

Salah satu yang hadir adalah Putu Laxman Pendit, yang memberikan orasinya di depan mereka yang hadir.

Selain menyampaikan simpati kepada Ahok, Putu mengatakan, dia juga prihatin sebab berbagai pilkada yang diselenggarakan serempak di Indonesia akan menjadikan apa yang terjadi di Jakarta sebagai panutan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.