Kompas.com - 15/05/2017, 09:34 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Dengan berpakaian serba hitam, tak kurang dari 3.500-an warga Indonesia memadati areal di Museumplein, Amsterdam, pada Sabtu malam (13/5/2017).

Museumplein atau Museum Square adalah sebuah area terbuka luas yang ditempati oleh beberapa museum dan bangunan penting di Amsterdam.

Ada museum Van Gogh, Steidelijk, dan Rijkmuseum di sana. Patung-patung cantik bertebaran di taman, menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Amsterdam.

Semula, aksi damai warga Indonesia di Amsterdam akan digelar di Dam-Rak, dengan menyalakan lilin.

Namun, Wali Kota Amsterdam Eberhard Van der Laan yang menaruh perhatian terhadap aksi ini memberikan tempat yang lebih luas di Museumplein.

Dia menilai, Dam-Rak, yang adalah alun-alun di tengah kota, terlalu kecil untuk menampung banyaknya peserta aksi.

Di Belanda, aksi dilakukan di empat kota, yakni Amsterdam, Groningen, Den Haag, dan Utrecht.

Warga Indonesia di Amsterdam berkumpul bersamaan dengan gelombang aksi serempak yang berlangsung di belasan kota di dunia, untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama.

Basuki alias Ahok dijatuhi vonis dua tahun penjara untuk kasus penistaan agama.

"Kalau murni kasus hukum Ahok pasti bebas," ungkap Densi Bura, warga Indonesia yang menetap di Haarlem, dan ambil bagian dalam aksi di Amsterdam ini.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.