Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Terbakar di Dalam Terowongan, 10 Bocah TK Tewas

Kompas.com - 09/05/2017, 16:58 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sepuluh bocah taman kanak-kanak asal Korea Selatan, dan dua orang lainnya tewas, ketika bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan terbakar di terowongan Taojiakuang, di China, Selasa (9/5/2017).

Para korban tewas adalah anak-anak berusia antara 4-7 tahun yang tinggal di Kota Weihai di Provinsi Shandong, di mana kecelakaan itu terjadi.

Keterangan ini diungkapkan seorang pejabat konsuler Korea Selatan di Kota Qingdao, seperti dikutip AFP.

Departemen Komunikasi Kota Weihai dalam situs mereka menyebutkan ada 12 orang yang tewas dan satu orang terluka parah dalam kecelakaan ini.

Namun, selain anak-anak TK tersebut, pejabat itu tak memberikan keterangan mengenai kewarganegaraan dua korban lain yang tewas, dan seorang yang sekarat.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap, mengutip pernyataan dari Kedutaan Besar Korsel di Beijing menyebutkan, dua korban jiwa lainnya adalah seorang anak asal China dan seorang pengemudi.

Sementara, korban yang terluka itu adalah seorang guru.

Bus terbakar dalam terowongan sekitar pukul 09.00, menurut kantor berita Xinhua. Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki.

Sebuah video amatir yang diunggah oleh People's Daily di akun Twitter-nya menunjukkan mobil yang melaju jauh dari bus, berhenti di dekat dinding saat api mencapai langit-langit terowongan.

Namun, keaslian video belum bisa segera diverifikasi.

Para siswa itu sebelumnya mengunjungi sebuah taman kanak-kanak yang berafiliasi dengan sekolah internasional yang sebagian besar melayani warga Korea Selatan.

Pejabat Presiden Korea Selatan Hwang Kyo-Ahn menyuarakan kesedihan mendalam atas tragedi tersebut.

Kecelakaan terjadi ketika Korsel sedang menggelar pemilihan umum untuk mendapatkan presiden baru. 

Hwang memerintahkan Kementerian Luar Negeri untuk memobilisasi semua sumber diplomatik, demi menangani kecelakaan tersebut. 

Dia pun meminta kepastian agar para orangtua korban dapat dengan mudah mengetahui perkembangan kecelakaan ini. 

Baca: Korut Akui Tahan Warga Amerika Keturunan Korsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com