Kompas.com - 08/05/2017, 13:26 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Seorang pilot senior pada maskapai Pakistan International Airlines (PIA) diskors karena diduga membahayakan nyawa ratusan penumpang dalam sebuah penerbangan dari Islamabad ke London.

Kapten pilot Amir Akhtar Hashmi diskors karena pesawat yang seharusnya dia kendalikan justru diserahkan kepada seorang pengikut latihan pilot, sementara dia sendiri tidur pulas di kelas bisnis, demikian laporan Daily Mirror, Senin (8/5/2017).

Hashmi dituduh membahayakan nyawa penumpang dengan membiarkan seorang peserta pelatihan pilot (trainee pilot) mengendalikan jet penumpang PIA dari Islamabad ke London pada 26 April 2017.

Hasil investigasi internal PIA menguatkan dugaan bahwa ia telah mengabaikan tugasnya sebagai pilot senior dengan tidur selama dua setengah jam pada siang hari dalam penerbangan itu.

Baca: Pilot Mengantuk, Planet Venus Dikira Pesawat

Seorang penumpang, yang mengajukan sebuah keluhannya kepada maskai penerbangan tersebut, dengan menunjukkan foto sang pilot yang sedang tidur dan berbagi informasi di media sosial.

Hashmi diyakini telah menyerahkan kendali kemudi pesawat, yang membawa 305 penumpang, kepada peserta pelatihan pilot segera setelah lepas landas dari Islamabad ketika itu.

Juru bicara PIA, Danyal Gilani, mengatakan, Hashmi telah dipindahkan dari tugas menerbangkan pesawat ke bagian lain di darat karena penyelidikan masih sedang berjalan.

Menurut harian terbesar berbahasa Inggris di Pakistan, Dawn, PIA awalnya enggan bertindak terhadap Hashmi, mantan Presiden Asosiasi Pilot Pesawat Udara Pakistan (PALPA), "namun kemudian menyerah pada tekanan dari atas" – sepertinya tekanan dari otorisa lebih tinggi.

Hashmi bertugas mengoperasikan penerbangan menuju London dengan seorang first officer atau kopilot bernama Ali Hassan Yazdani.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.