Kompas.com - 05/05/2017, 09:24 WIB
EditorErvan Hardoko

PERTH, KOMPAS.com - Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu, tujuh mahasiswa Indonesia di Australia Barat mendaki Gunung Bluff Knoll, sekitar 5 jam berkendara dari Perth.

Di puncak gunung setinggi 1.099 meter ini, para mahasiswa Indonesia itu mengibarkan sang saka Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Achmad Room Fitrianto bersama enam mahasiswa Indonesia, serta satu mahasiswa China, mendaki Gunung Bluff Knoll, yang terletak di kawasan Taman Nasional Stringling Range.

Achmad adalah mahasiswa doktoral di Universitas Curtin bersama dengan Agni Amurbatami Manggali, Cut Aja Fauziah, Hendra Febriawan, Ni Putu Hernita Kurniawati, dan Khaerudin Kiramang serta Lizani Rasidin dari Stanley College.

Mereka memilih Gunung Bluff Knoll karena puncaknya merupakan salah satu yang tertinggi di negara bagian Australia Barat.

Seperti dikabarkan Australia Plus, Achmad menuturkan, gunung ini juga memiliki infrastruktur pendakian yang layak untuk para pemula.

“Selain itu, kami juga ingin melihat kearifan lokal yang bisa dipelajari dari perjalanan ini,” ujar pengajar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya ini.

Baca: Jumlah Mahasiswa Indonesia Terbanyak ke-7 di China

Achmad dan teman-temannya memulai pendakian ini sekitar pukul 13.30 waktu setempat pada Selasa (2/5/2017).

Medan yang cukup menantang membuat dia dan ke-7 temannya menempuh perjalanan sepanjang empat kilometer ini dalam waktu 3,5 jam.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.