Kompas.com - 04/05/2017, 23:38 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ASTANA, KOMPAS.com - Utusan-utusan Turki, Rusia, dan Iran, Kamis (4/5/2017), menyepakati suatu perjanjian untuk memberlakukan empat zona aman di Suriah.

Dalam pertemuan di Astana, ibu kota Kazakhstan, para ketua delegasi sekutu-sekutu rezim Suriah menandatangani perjanjian itu.

Sementara sebagian anggota delegasi oposisi Suriah berteriak-teriak dan keluar ruangan untuk memprotesnya.

Berdasarkan perjanjian tersebut, empat zona aman akan dibentuk di bagian selatan, tengah, dan utara Suriah.

Namun, belum ada rincian yang diberikan mengenai bagaimana perdamaian akan dicapai di daerah-daerah tersebut.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, menyebut zona-zona aman tersebut sebagai suatu langkah penting untuk memperkokoh gencatan senjata.

Berbicara setelah pertemuan dengan sejawatnya, Menteri Luar Negeri Finlandia Timo Soini, Lavrov mengatakan ia berharap akan melanjutkan pembahasan mengenai zona-zona aman dalam pembicaraan di Geneva, Swiss,  paling cepat awal bulan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.