Kompas.com - 04/05/2017, 20:52 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Sebuah foto yang diambil oleh perempuan fotografer Angkatan Darat Amerika Serikat saat dia dan empat warga Afganistan tewas akibat sebuah ledakan, dirilis oleh militer AS.

Prajurit spesialis Hilda Clayton (22) dan empat serdadu AD Afganistan tewas saat sebuah mortir meledak, ketika mereka sedang latihan pada 2 Juli 2013.

Foto tersebut diambil sesaat sebelum mortir meledak dan merenggut nyawa perempuan itu.

AD AS juga merilis foto yang diambil oleh seorang tentara Afganistan yang bersama Clayton mengikuti pelatihan jurnalistik. Tentara tersebut juga tewas.

Kecelakaan tersebut terjadi di Provinsi Laghman. Majalah Military Review yang menerbitkan foto-foto itu.

"Kematian Clayton melambangkan bagaimana tentara perempuan semakin sering dihadapkan pada situasi yang berbahaya baik dalam pelatihan maupun dalam pertempuran, sebagaimana yang dialami para sejawat pria mereka."

Demikian tertulis dalam majalah tersebut. 

Pihak AD menyebutkan, Hilda Clayton terlibat dalam kegiatan pendokumentasian yang ditujukan untuk membentuk dan memperkuat kemitraan AS-Afganistan.

Hilda Clayton juga turut menempuh risiko dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan berbahaya.

Nama prajurit spesialis visual informasi ini kemudian digunakan oleh Departemen Pertahanan sebagai nama sebuah penghargaan fotografi.

Para fotografer militer harus lulus ujian keterampilan fisik dan teknis selama lima hari untuk lolos mengikuti penghargaan 'Hilda Clayton Best Combat Camera Award'.

Baca: Peluru Akhiri Perjalanan Fotografer Perang Asal Belanda di Sirte...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.