Kompas.com - 04/05/2017, 17:24 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MONTPELIER, KOMPAS.com -  Sebuah cula badak hitam yang selama puluhan tahun disimpan di dalam ruang terkunci di Universitas Vermont, lenyap.

Diduga barang tersebut dicuri dan akan diperdagangkan di pasar gelap internasional.

Dugaan itu diungkap aparat penegak hukum yang selama ini bekerja sama dengan Lembaga untuk Ikan dan Satwa Liar, Amerika Serikat, menangani kasus-kasus penyelundupan cula badak di AS dan Eropa.

Seorang petugas penyidik Robert Rothe, Rabu (3/5/2017), mengatakan, pintu tempat menyimpan cula itu dilubangi dengan menggunakan bor. Ruangan itu berada di aula Torrey universitas yang berada di Burlington.

Seperti diberitakan Associated Press, pencurian cula ini terungkap pada 27 April 2017 lalu.

Atas kasus pencurian ini, Lembaga Satwa Liar AS dan pihak universitas menyediakan hadiah 3.000 dollar AS atau kira-kira Rp 40 juta bagi mereka yang mengembalikan cula itu. Atau, bagi mereka yang mengetahui siapa yang mengambilnya. 

"Kesan seketika yang muncul di benak saya adalah seseorang mengalami kesulitan besar untuk menargetkan benda ini, dan mendapatkannya," ungkap Rothe.

Rothe adalah salah satu petugas penyidik yang bekerja dalam "Operation Crash", sebuah operasi yang menitikberatkan kegiatan dalam penumpasan perdagangan ilegal cula badak dan gading gajah. 

Dia mengaku, sepanjang pengalamannya menangani kasus semacam ini, dia tak pernah melihat kasus seperti di Universitas Vermont, terjadi di AS sebelumnya. Namun dia pernah melihat kasus serupa di Eropa.

Rothe mengatakan, besarnya minat pasar atas cula badak, dan nilainya yang juga tinggi, merupakan alasan bagi pencuri untuk mengambil cula itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.