Kompas.com - 04/05/2017, 05:00 WIB
EditorPascal S Bin Saju

WELLINGTON, KOMPAS.com - Bagi banyak orang yang ingin mendapatkan foto yang memukau untuk dipajang di Facebook atau Instagram, berada di puncak gunung dengan latar belakang awan, jelas merupakan foto yang sempurna.

Jika Anda seorang model majalah Playboy dengan sekitar 300.000 pengikut, kenapa tidak melepas baju sekalian untuk berfoto telanjang.

Itulah yang dilakukan Jaylene Cook ketika mendaki Gunung Taranaki, Selandia Baru dan foto telanjangnya – yang diambil dari sudut agak menyamping – disebarkan lewat Instagram.

Namun warga Maori berpendapat aksinya tidak peka secara budaya karena puncak Gunung Taranaki adalah tempat yang suci bagi mereka.

"Itu seperti orang datang ke Basilika Santo Petrus di Vatikan dan berfoto telanjang di sana," kata Dennis Ngawhare, juru bicara komunitas Maori setempat kepada BBC.

Baca: Skandal Foto Bugil Perempuan Tentara AS, Hanya 10 Korban yang Muncul

Foto Cook – yang berasal dari Selandia Baru – diambil ketika dia mendaki gunung itu beberapa hari lalu dengan pacarnya.

Diterbitkan lewat akunnya di Instagram, foto itu – yang memperlihatkan dia berdiri memandang ke kejauhan di puncak gunung dengan ketinggian 2.518 meter – mendapat 10.000 suka.

"Orang mungkin mengatakan hanya batu dan tanah jadi bagaimana mungkin Anda menghinanya?" kata Ngawhare.

Namun bagi warga Maori, Gunung Taranaki adalah tempat pemakaman para leluhur dan gunung itu sendiri dianggap sebagai nenek moyang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.