Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Israel Pamer Pesawat Tempur Siluman Baru

Kompas.com - 03/05/2017, 16:44 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel untuk pertama kalinya, Selasa (2/5/2017), memamerkan pesawat tempur silumannya, F-35, yang baru-baru ini dikirim dari Amerika Serikat.

Penampilan F-35 terbaru itu  sebagai bagian dari pameran kedirgantaraan untuk menandai perayaan tahunan hari kemerdekaan negara Yahudi itu.

Tiga dari lima jet tempur siluman itu melesat ke langit di sepanjang pantai Mediterania di Tel Aviv saat ribuan warga berkumpul di pinggir pantai untuk menyaksikannya.

Mereka juga terbang di langit kota-kota lain, termasuk Jerusalem, seperti dilaporkan kantor berita Agence France-Presse.

F-35 buatan Lockheed Martin yang berbasis di AS itu menjadi sorotan utama dalam acara tersebut, yang menandai HUT ke-69 kemerdekaan Israel.

Acara tersebut juga menghadirkan jet tempur lainnya seperti F-15 dan F-16, helikopter Sikorsky CH-53 Stallion, Boeing 73-an tipe KC-135 Stratotanker, dan pesawat Hawker-Beechcraft T-6 Texan II.

Baca: Jet Tempur Israel Serang Gaza Setelah Ada Tembakan Roket

Israel telah menerima lima unit pertama F-35 sejak Desember 2016 dengan tujuan untuk mengizinkannya mempertahankan keunggulan militernya di Timur Tengah, terutama dalam menghadapi musuh bebuyutannya, Iran.

Negara Yahudi itu berencana akan membeli total 50 unit jet tempur F-35. Jet pertamanya akan dioperasikan tahun ini.

Meskipun negara-negara lain telah memesan pesawat tersebut, Israel – yang menerima lebih dari  3 milliar dollar setahun bantuan pertahanan dari AS – mengatakan akan menjadi negara pertama di luar Amerika Serikat yang mengoperasikan skuadron F-35.

Israel membeli 33 pesawat F-35 pertamanya dengan harga rata-rata sekitar 110 juta dollar AS per unit. Harga tersebut telah mendapat kritik tajam baik Israel maupun di tempat lain. 

Dua pesawat F-35 pertama Israel dikirim pada Desember dan dijadwalkan mendarat sekitar enam jam lebih lambat karena cuaca buruk berupa kabut tebal di Italia.

Baca: Israel Beli Lagi 17 Jet Tempur Canggih F-35 dari AS

Seorang pejabat Lockheed Martin mengatakan bahwa keterlambatan tersebut disebabkan oleh peraturan keselamatan udara Italia.

"Ini berarti kita hanya akan pergi berperang di hari-hari yang cerah,” canda seorang warga Israel di akun Twitter-nya.

Salah satu keunggulan dari berbagai fitur utama jet tempur F-35 adalah kemampuan silumannya yang canggih untuk membantu pilot menghindari sistem rudal yang canggih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com