Kompas.com - 03/05/2017, 16:44 WIB
EditorPascal S Bin Saju

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel untuk pertama kalinya, Selasa (2/5/2017), memamerkan pesawat tempur silumannya, F-35, yang baru-baru ini dikirim dari Amerika Serikat.

Penampilan F-35 terbaru itu  sebagai bagian dari pameran kedirgantaraan untuk menandai perayaan tahunan hari kemerdekaan negara Yahudi itu.

Tiga dari lima jet tempur siluman itu melesat ke langit di sepanjang pantai Mediterania di Tel Aviv saat ribuan warga berkumpul di pinggir pantai untuk menyaksikannya.

Mereka juga terbang di langit kota-kota lain, termasuk Jerusalem, seperti dilaporkan kantor berita Agence France-Presse.

F-35 buatan Lockheed Martin yang berbasis di AS itu menjadi sorotan utama dalam acara tersebut, yang menandai HUT ke-69 kemerdekaan Israel.

Acara tersebut juga menghadirkan jet tempur lainnya seperti F-15 dan F-16, helikopter Sikorsky CH-53 Stallion, Boeing 73-an tipe KC-135 Stratotanker, dan pesawat Hawker-Beechcraft T-6 Texan II.

Baca: Jet Tempur Israel Serang Gaza Setelah Ada Tembakan Roket

Israel telah menerima lima unit pertama F-35 sejak Desember 2016 dengan tujuan untuk mengizinkannya mempertahankan keunggulan militernya di Timur Tengah, terutama dalam menghadapi musuh bebuyutannya, Iran.

Negara Yahudi itu berencana akan membeli total 50 unit jet tempur F-35. Jet pertamanya akan dioperasikan tahun ini.

Meskipun negara-negara lain telah memesan pesawat tersebut, Israel – yang menerima lebih dari  3 milliar dollar setahun bantuan pertahanan dari AS – mengatakan akan menjadi negara pertama di luar Amerika Serikat yang mengoperasikan skuadron F-35.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.