Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2017, 15:26 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan peringatan perjalanan (travel alert) ke Eropa, Senin (1/5/2017), dan mengatakan bahwa warga AS harus sadar akan kemungkinan ancaman baru dari serangan teroris di benua tersebut.

Dalam peringatan tersebut, Deplu AS mengacu pada insiden yang terjadi di Perancis, Rusia, Swedia dan Inggris, belum lama ini, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (2/5/2017). 

Baca: Teror di Perancis, Truk Hantam Kerumunan Tewaskan Sedikitnya 73 Orang

Dikatakan, kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan Al Qaeda "memiliki kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan serangan-serangan teror di Eropa".

Peringatan perjalanan ke Eropa oleh Deplu AS sebelumnya pernah dikeluarkan menjelang liburan musim dingin, yang masa berlakunya berakhir pada Februari 2017.

Seorang pejabat Deplu AS mengatakan, peringatan yang dikeluarkan pada Senin (1/5/2017) itu tidak terkait dengan ancaman tertentu, tetapi pemberitahuan akan adanya risiko lanjutan terhadap kemungkinan terjadinya serangan menjelang liburan musim panas.

Baca: Korban Serangan Teror di London Bertambah, 4 Orang Tewas dan 40 Luka

Deplu AS memperingatkan, semua pusat perbelanjaan, fasilitas pemerintah, hotel, kelab, restoran, tempat ibadah, taman, bandar udara, dan lokasi lainnya yang mungkin bisa menjadi target serangan.

Peringatan menjelang liburan musim panas itu berakhir pada 1 September mendatang.

Baca: Korban Tewas akibat Teror Truk di Stockholm Jadi Empat Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com