Kompas.com - 01/05/2017, 21:06 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com - Seorang nelayan di Filipina mendapat rejeki nomplok karena dia berhasil menangkap seekor ikan kerapu seberat 200 kilogram.

Arnold Constantino mendapatkan ikan raksasa itu terjerat di jaring kapal pukatnya di lepas pantai Kalibo, Filipina pada 25 April lalu.

Dia kemudian menyeret ikan sepanjang tiga meter lebih itu ke pasar setempat untuk dibelah dan diperiksa apakah ikan itu layak dijual.

Baca: Ikan Raksasa Seberat Satu Ton Ditemukan Nelayan di Poso

Namun, saat ikan itu dibelah Arnold dan banyak orang di pasar sangat terkejut karena mereka menemukan sebuah lencana keemasan yang mengkilap mirip lencana polisi di perut ikan tersebut.

Spekulasi langsung menyebar. Sebagian warga yakin ikan itu tak sengaja menelan lencana tersebut tetapi beberapa warga yakin ikan itu telah menyantap jenazah atau orang yang tenggelam.

Kepada radio setempat Arnold mengatakan, dia yakin itu adalah ikan terbesar yang pernah ditangkapnya. Sebab ikan kerapu terbesar biasanya hanya mencapai bobot 100 kilogram.

"Ikan ini sangat besar. Saya menariknya pada pukul 06.00 dan langsung pergi ke pasar untuk mengetahui harganya saat dijual," ujar dia.

Baca: Ikan Raksasa Sungai Amazon Terancam Punah

"Kami membelah ikan ini untuk mengetahui harganya dan kami menemukan lencana itu di dalam perutnya," tambah Arnold.

"Sekarang menjual ikan ini susah karena warga yakin ikan ini pernah menelan manusia jadi saya harus menjualnya agak lebih murah," Arnold melanjutkan.

Ikan kerapu terbesar yang pernah tertangkap adalah di Kosta Rika pada 2010 dengan bobot mencapai 250 kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.