Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Pesawat Mata-mata AS Ditembak Uni Soviet

Kompas.com - 01/05/2017, 18:38 WIB

KOMPAS.com - Salah satu insiden paling "panas" semasa Perang Dingin adalah ditembaknya sebuah pesawat mata-mata Lockheed U-2 milik Amerika Serikat oleh Uni Soviet.

Insiden pada 1 Mei 1960 itu mengakibatkan sebuah pertemuan penting antara Presiden Dwight D Eisenhower dan pemimpin Uni Soviet Nikita Kruschev batal.

Pesawat ini adalah sebuah proyek badan intelijen AS (CIA) dan sudah menggunakan teknologi paling maju di masa itu.

Pesawat ini mampu terbang di ketinggian 70.000 kaki atau lebih dari 21.000 meter, dilengkapi peralatan fotografi canggih yang diklaim bisa mengambil foto dengan resolusi tinggi.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Uni Soviet Akui Dalangi Pembantaian Katyn

CIA meyakinkan Presiden Eisenhower bahwa Uni Soviet tak memiliki senjata anti-pesawat yang mampu terbang di ketinggian 70.000 kaki.

Pada 1 Mei 1960, sebuah pesawat U-2 yang dipiloti Francis Gary Powers tiba-tiba menghilang di wilayah udara Uni Soviet.

Saat itu, CIA masih meyakinkan Presiden Eisenhower bahwa jika pesawat itu tertembak maka terdapat mekanisme menghancurkan diri agar tak jatuh ke tangan musuh.

CIA juga meyakinkan presiden bahwa sang pilot diperintahkan bunuh diri jika jatuh di wilayah musuh.

Berdasarkan informasi itu, pemerintah AS mengeluarkan pernyataan "resmi" yang menyebut pesawat cuaca terbang keluar jalur dan jatuh di wilayah Uni Soviet.

Namun, pernyataan AS itu dibalas Kruschev dengan tak hanya memamerkan puing-puing pesawat tetapi juga memperlihatkan sang pilot yang bisa ditangkap dalam kondisi hidup.

Akhirnya, Presiden Eisenhower terpaksa mengakui di muka publik bahwa pesawat yang jatuh di Uni Soviet itu adalah pesawat mata-mata.

Pada 16 Mei 1960, sebuah pertemuan tingkat tinggi antara Uni Soviet, Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis digelar di Paris untuk membahas status Berlin dan pengendalian senjata nuklir.

Saat pertemuan dibuka Kruschev langsung menyerang Amerika Serikat dan Eisenhower lalu meninggalkan pertemuan. Alhasil pertemuan tingkat tinggi itu batal.

Baca: Separuh Rakyat AS Yakin Perang Dingin di Depan Mata

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com