Kompas.com - 29/04/2017, 21:53 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BAGHDAD, KOMPAS.com – Sebuah bom mobil bunuh diri meledak di luar markas polisi di Baghdad, Irak, menyebabkan empat polisi lalu lintas tewas, Jumat (29/4/2017).

Lokasi ledakan juga dekat jalan tempat beberapa kantor media asing. Lima orang juga terluka akibat ledakan di jalan Abu Nawas itu, kata juru bicara tersebut.

Jalan itu membentang di timur Tepi Sungai Tigris dan Kedutaan Besar Perancis terletak di daerah tersebut, demikian kantor berita Reuters.

Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim serangan bunuh diri, sebagaimana disampaikan kantor berita Amaq yang dekat dengan kelompok tersebut. ISIS menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah sejak 2014.

Sebelumnya, mengingat keberlanjutan perang itu, badan bantuan pangan darurat PBB menyerukan peningkatan kesadaran gizi dan perkuatan jaring keselamatan sosial guna menghindari kelaparan di Irak.

Di dalam laporannya, Comprehensive Food Security and Vulnarability Analysis – yang disiapkan secara bersama dengan pemerintah Irak, Program Pangan Dunia PBB (WFP) – juga menggaris-bawahi keperluan meningkatkan akses ke pendidikan, terutama buat anak-anak perempuan, sebagai komponen penting dalam perang melawan kelaparan.

"Analisis tersebut mesti memandu pekerjaan pemerintah, pembuat kebijakan, dan kemanusiaan di seluruh negeri itu untuk meningkatkan status gizi dan keamanan pangan setiap orang Irak sehingga tak seorang pun tertinggal," kata Wakil WFP dan Direktur Negara di Irak Sally Haydock di dalam satu siaran pers.

Kajian tersebut, salah satu studi teknis yang paling kuat mengenai keamanan pangan yang pernah dilakukan di Irak, dilancarkan sebelum serangan baru-baru ini ke Mosul, menurut laporan Xinhua.

Studi itu juga tidak menangkap kondisi keamanan pangan di kalangan rakyat yang menyelamatkan diri dari daerah konflik tersebut.

Pengumpulan data diakhiri pada 2016 dan meliputi survei pertama dengan lebih dari 200.000 keluarga di daerah kota dan desa serta dengan mereka yang menjadi pengungsi di dalam negerinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.