Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Buka Paviliun Indonesia di Seafood Expo di Belgia

Kompas.com - 26/04/2017, 17:20 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Dalam kunjungan kerjanya ke Brussels, Belgia, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Selasa (25/4/2017) membuka paviliun Indonesia di Seafood Expo Global.

Selain membuka paviliun Indonesia, Susi juga melakukan tatap muka dengan para pengusaha Tanah Air yang menjadi peserta pameran internasional itu.

Kepada para pengusaha, Susi menegaskan komitmen pemerintah untuk mendukung ekspor produk perikanan Indonesia ke luar negeri termasuk ke Eropa.

Susi mengingatkan para pengusaha agar memperhatikan aspek kesehatan dan kelangsungan lingkungan hidup saat berproduksi.

Sebab, lanjut Susi, kedua hal tersebut sangat diperhatikan Uni Eropa yang menjadi salah satu pasar Indonesia.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg, dan Uni Eropa, Yuri Thamrin mengatakan, KBRI Brussels terus berupaya mendukung peningkatan ekspor produk perikanan Indonesia ke Uni Eropa.

Baca: Menteri Susi Kunjungi Belgia, WNI Antusias Bertemu

Seafood Expo Global merupakan pameran perdagangan dagang makanan laut terbesar di dunia yang digelar setiap tahun.

Expo di Brussel tahun ini menghadirkan lebih dari 1.800 perusahaan dari sekitar 50 negara, termasuk 20 pengusaha dari Indonesia.

"Keikutsertaan kami pada Seafood Expo Global merupakan kesempatan baik untuk menjajaki pasar Eropa,” kata Richi Ricardo, pengusaha asal Bali yang usahanya meliputi pengolahan ikan tuna dan cumi-cumi.

Kesempatan Indonesia untuk mengirim produk perikanan dan makanan laut di pasar Uni Eropa sangat menjanjikan.

Berdasarkan data Eurostat, pada 2015 sebanyak 54 miliar euro atau sekitar Rp 762 triliun dibelanjakan Uni Eropa untuk produk-produk perikanan yang datang dari seluruh dunia.

Selain itu, produk-produk perikanan yang diimpor Uni Eropa mencapai 20 persen dari seluruh impor produk makanan dengan nilai total 120 miliar euro setahun.

Konsumsi produk laut di Uni Eropa juga cukup besar, setiap tahun sebanyak 25,5 kilogram ikan dikonsumsi tiap penduduk Uni Eropa.

Sementara itu, nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Uni Eorpa, menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, tahun lalu sebesar 404 juta dolar AS atau sekitar Rp 5,3 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com