Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Negara ASEAN Diminta Bersatu Lawan Duterte

Kompas.com - 26/04/2017, 10:25 WIB

MANILA, KOMPAS.com -  Amnesty International, lembaga pemantau hak asasi manusia internasional menyerukan agar para pemimpin negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN)  bersatu menentang perang narkoba di Filipina.

Seperti yang telah lama diberitakan, sejak Presiden Rodrigo Duterte memegang kuasa pemerintahan pertengahan tahun lalu, ribuan orang di Filipina tewas terkait tuduhan narkoba.

Sikap tersebut diharapkan keluar dari para pemimpian negara ASEAN dalam konferensi tingkat tinggi yang digelar di Filipina pekan ini.

Amnesty International, seperti diberitakan AFP, Rabu (26/4/2017), berharap para Kepala Negara ASEAN mempertimbangan bahwa pembunuhan ribuan orang di Filipina, pun melanggar Piagam ASEAN.

Terutama, pelanggaran terhadap janji atas penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Lembaga itu menyebut, saat ini tercatat sekitar 9.000 orang tewas oleh polisi dan kelompok bersenjata tak dikenal, sejak Juli 2016.

Pejabat di negara itu pun menyebut, tidak semua kematian dilaporkan terkait narkoba, sementara yang lainnya terbunuh dalam operasi polisi yang sah.

Baca: Duterte Diadukan ke Mahkamah Kriminal Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com