Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Selam AS Tiba di Busan, Korut Geser Pasukan Artilerinya

Kompas.com - 25/04/2017, 13:07 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Sebuah kapal selam Amerika Serikat berlabuh di Korea Selatan, Selasa (25/4/2017), sebagai bentuk pamer kekuatan di tengah memanasnya suhu di Semenanjung Korea.

Kapal selam USS Michigan tiba di pelabuhan Busan, Korea Selatan di saat gugus tugas USS Carl Vinson sedang berlayar menuju ke perairan Korea.

Di saat yang sama para delegasi urusan nuklir dari Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat berunding di Tokyo untuk membicarakan penolakan Korea Utara menghentikan program nuklirnya.

Baca: Apa Nasihat Presiden Xi untuk Presiden Trump Soal Korea Utara?

USS Michigan adalah kapal selam bertenaga nuklir yang mulai bertugas bersama militer Amerika Serikat sejak 11 September 1982.

Pada Juni 2007, USS Michigan diubah menjadi kapal selam bersenjata misil berpemandu dan bertenaga nuklir (SSGN).

USS Michigan adalah kapal selam kelas Ohio yang mampu menyelam hingga 240 meter dan melaju hingga kecepatan 46 kilometer per jam.

Kembali ke Semenanjung Korea, banyak pihak khawatir Korea Utara akan nekat menggelar uji coba nuklir atau misil jarak jauhnya sebagai bentuk perlawanan terhadap sanksi PBB.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap mengabarkan, Korea Utara disebut telah meminahkan unit-unit artilerinya ke kawasan Wonsan di pesisir timur negeri itu untuk menggelar latihan.

Baca: Rusia Dikabarkan Geser Tentaranya ke Perbatasan Korea Utara

Laporan yang bersumber dari seorang pejabat pemerintah yang tak disebutkan namanya mengatakan, latihan itu akan menggunakan peluru tajam dan disaksikan langsung Kim Jong Un.

Kementerian pertahanan Korea Selatan belum dapat mengkonfirmasi laporan itu tetapi markas gabungan angkatan bersenjata menyatakan siap menghadapi segala kemungkinan.

Sedangkan, angkatan laut Korea Selatan menggelar latihan dengan beberapa kapal perusak Amerika Serikat di perairan sebelah barat semenanjung Korea. Diharapkan USS Carl Vinson dan armadanya akan segera memasuki wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com