Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan AS Bunuh Pembantu Utama Gembong Teroris ISIS al-Baghdadi

Kompas.com - 22/04/2017, 10:43 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pasukan Amerika Serikat menewaskan seorang tokoh kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) Abdurakhmon Uzbeki, dalam sebuah serangan yang terjadi di Suriah.

Abdurakhmon Uzbeki yang diyakini berasal dari Uzbekistan, adalah pembantu dekat gembong teroris ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

Baca: Jilat Ludah Sendiri, Gembong ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Kabur dari Mosul

"Peristiwanya terjadi dalam suatu operasi serangan darat, saya pikir hanya itu yang bisa kami katakan," kata juru bicara Komando Pusat AS, John Thomas di Washington.

Dia menyebutkan, serangan yang dilakukan para Jumat (21/4/2017) itu terjadi di dekat Kota Mayadin, Suriah timur. 

Uzbeki memainkan peran kunci dalam serangan terhadap sebuah klub malam di Istanbul pada Malam Tahun Baru 2017 yang menewaskan 39 orang.

Sementara, teroris ISIS merencanakan serangan itu sebagai balasan atas keterlibatan militer Turki memerangi ISIS di Suriah.

Pada 17 Januari lalu, setelah perburuan besar-besaran, polisi Turki menangkap Abdulkadir Masharipov, tersangka utama serangan tersebut.

Video: Polisi Turki Bekuk Pelaku Penembakan Saat Malam Tahun Baru

Pasukan khusus AS di Suriah, yang terutama menjadi konsultan dan membantu kelompok Kurdi dan Arab yang memerangi ISIS diyakini berjumlah sekitar 500 orang.

Menurut laporan ABC, sebuah 'pasukan perburuan' telah beroperasi di Irak dan Suriah untuk memburu para pemimpin senior ISIS dan al-Qaeda sejak akhir 2015.

Namun biasanya, rincian operasi mereka di lapangan tidak diungkapkan.

John Thomas mengatakan bahwa AS memiliki informasi cukup bagus untuk menemukan orang-orang tersebut dan membunuh mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com