Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Intip Lokasi Uji Coba Nuklir Korut, yang Terlihat Orang Main Voli

Kompas.com - 21/04/2017, 17:38 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sejumlah pakar Amerika Serikat yang sedang meramal uji coba nuklir Korea Utara, terkejut dengan citra satelit yang mereka lihat di lokasi tempat uji coba. 

Sebab, berdasarkan gambar yang diambil dari sebuah satelit komersial pada hari Minggu lalu, yang terlihat bukan persiapan uji coba senjata nuklir.

Mereka menyaksikan sejumlah warga Korut sedang bermain bola voli di situs yang diperkirakan akan dipakai untuk uji coba tersebut.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, menyusul ketegangan yang meningkat antara Pyongyang dan Washington, para analis mengira akan melihat aktivitas yang menunjukkan persiapan  ledakan bawah tanah di lokasi uji coba nuklir Punggye-ri.

Baca: Demi Cegah Uji Coba Nuklir, AS Siap Serang Korea Utara

"Kami melihat tiga lokasi di fasilitas tersebut - di wilayah administrasi utama, di daerah pendukung, di pusat komando dan di barak penjaga di dekat pusat komando - mereka menggelar pertandingan bola voli."

Hal itu diungkapkan Joe Bermudez, seorang ahli dalam sebuah proyek pemantauan independen Korea Utara yang berbasis di Washington.

Bermudez lantas mengungkapkan dua penjelasan yang mungkin terjadi atas temuan itu. Pertama, bahwa situs uji coba bisa masuk ke status siaga, atau bahwa permainan tersebut dimaksudkan untuk membingungkan pengamat.

Sebab, Korut tahu bahwa Punggye-ri sedang dalam pengamatan intensif.

Baca: Korea Utara Peringatkan Pecahnya Perang Nuklir

Sebelumnya, dalam beberapa bulan terakhir, Korut telah melakukan serangkaian peluncuran rudal balistik. Bukan tak mungkin, mereka akan segera melakukan uji coba nuklir keenam, setelah melakukannya dua tahun lalu.

Bermudez mengatakan, gambar yang diperoleh di situs Punggye-ri menunjukkan adanya indikasi pembuangan kecil dari gerobak ranjau, sebuah tanda adanya pekerjaan bawah tanah.

Namun tidak terlihat ada pemompaan air yang aktif dari sistem terowongan yang digunakan untuk pengujian nuklir. 

Baca; Korsel Ketar-ketir Jelang HUT Tentara Korut, Kerahkan Pasukan ke Perbatasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com