Kompas.com - 21/04/2017, 15:39 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MELBOURNE, KOMPAS.com - Permintaan Angkatan Bersenjata Australia (ADF) untuk bergabung dalam latihan yang melibatkan angkatan laut berbagai negara akan ditolak oleh India dengan alasan hal itu dapat memicu ketegangan diplomatik dengan China.

Dalam seperempat abad terakhir, aset-aset militer dari Amerika Serikat (AS) dan India, serta dari Jepang, bertemu dalam latihan tahunan bersama yang dikenal dengan Exercise Malabar, yang digelar di sebelah utara Australia, demikian ABC News, Jumat (21/4/2017).

Pada tahun 2007, Australia mengambil bagian dalam tersebut, namun menarik diri baik dari latihan maupun pembicaraan keamanan menyusul kekhawatiran yang diungkapkan oleh Beijing.

ABC News mendapatkan informasi bahwa dalam beberapa minggu terakhir atase Pertahanan Australia di New Delhi telah meminta agar India mengizinkan ADF mengikuti latihan tahun ini sebagai "pengamat" resmi.

Saat berkunjung ke Tokyo, Kamis (20/2017), Menteri Pertahanan Australia Marise Payne mengakui adanya keinginan Australia untuk bergabung dalam latihan militer pada Juli mendatang.

"Australia sangat tertarik dalam persekutuan segi empat dengan India, Jepang, dan AS," kata Senator Payne.

"Bentuknya seperti apa nantinya, bisa didiskusikan di antara berbagai negara ini," jelasnya.

Dalam pernyataan kepada ABC News, Departemen Pertahanan mengatakan "Australia telah secara membahas masalah keterlibatan Angkatan Bersenjata Australia dalam Exercise Malabar dengan India sejak tahun 2015.

"Australia dan India ingin memanfaatkan momentum positif hubungan pertahanan kita, memperdalam keterlibatan, meningkatkan konsistensi dan kompleksitas kegiatan kita," demikian ditambahkan.

Namun, di India spekulasi semakin meningkat di kalangan pejabat militer bahwa New Delhi akan segera menolak permintaan Australia untuk ambil bagian dalam latihan tahun ini, juga karena kekhawatiran kemungkinan reaksi China terhadap tindakan tersebut.

Departemen Pertahanan mengatakan "India belum mengindikasikan apakah Angkatan Bersenjata Australia akan diundang ke Exercise Malabar pada 2017".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.