Kompas.com - 20/04/2017, 10:44 WIB
EditorErvan Hardoko

OTTAWA, KOMPAS.com - Sebuah gunung es yang ukurannya lebih tinggi dari yang menenggelamkan Titanic melintas di sebuah kota kecil di Provinsi Newfoundland dan menarik banyak wisatawan.

Gunung es yang kandas di laut yang dangkal dekat kota kecil Ferryland itu, diperkirakan memiliki ketinggian 46 meter.

"Ini adalah yang terbesar yang pernah terlihat di sekitar kota ini. Gunung es ini begitu besar da jaraknya begitu dekat sehingga warga bisa berfoto dengannya," kata waili kota Ferryland, Adrian Kavanagh.

Gunung es itu memang sempat bergerak sedikit dan pecah beberapa kali, tetapi nampaknya tak akan bergerak jauh dalam beberapa hari ke depan.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Titanic Tenggelam dalam Pelayaran Perdana

"Gunung es itu tak akan bergerak kecuali ada angin yang cukup kencang, sebab saat ini gunung es itu terjebak di laut dangkal," ujar warga kota, Don Costello.

Balok-balok es dalam jumlah besar setiap tahun hanyut ke perairan itu setiap tahun, tetapi kali ini pemandangannya sungguh istimewa.

"Biasanya hal semacam ini belum muncul hingga akhir Mei atau Juni. Jadi jumlah gunung es dalam jumlah cukup besar saat ini sungguh istimewa," kata Rebecca Acton Bond, petgas pengawas gunung es di pasukan penjaga pantai Kanada.

Gunung es yang menenggelamkan Titanic pada 1912 diyakini memiliki tinggi sekitar 30 meter dan berasal dari sebuah gletser di Greenland.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegraph
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.