Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump dan Abbas Ingin Teguhkan Komitmen soal Israel-Palestina

Kompas.com - 20/04/2017, 06:43 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, akan menerima pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas, di Gedung Putih pada 3 Mei mendatang.

Abbas berencana akan melakukan kunjungan resminya ke AS, saat itu.

"Kedua pemimpin akan menggunakan kesempatan ini untuk meneguhkan kembali komitmen mencari solusi atas konflik Israel-Palestina," kata juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer, Rabu (19/04).

Spicer juga mengatakan, kerangka besar pertemuan Trump-Abbas adalah upaya menghidupkan kembali proses perdamaian Timur Tengah.

Baca juga: Bicara di Telepon, Trump Undang Mahmoud Abbas ke Gedung Putih

Bagi Trump, ini akan menjadi pertemuannya pertama dengan Mahmoud Abbas, setelah sebelumnya dijalin kontak antara pejabat-pejabat senior AS dan Abbas.

Pembicaraan damai Israel-Palestina sering menemui jalan buntu meski ada upaya intervensi dari Washington, yang terakhir kali dilakukan oleh mantan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.

Namun Abbas belum lama ini mengatakan Presiden Trump “serius memikirkan solusi atas masalah yang dihadapi Palestina.”

Hal ini ia sampaikan usai bertemu kepala CIA, Mike Pompeo, dan wakil khusus Presiden Trump, Jason Greenblatt, di Ramallah, Tepi Barat.

Baca juga: Presiden Palestina Minta Trump Tak Pindahkan Kedubes AS ke Jerusalem

Trump sudah menerima PM Israel, Benjamin Netanyahu. Usai pertemuan, Trump mengisyaratkan AS tak lagi berkomitmen mendukung solusi dua negara, yang dianggap sebagai “berakhirnya komitmen Washington atas solusi dua negara.”

Tapi Trump juga memperingatkan Israel untuk “menahan diri dalam proyek pembangunan permukiman” di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Pekan lalu Presiden Trump menggelar pertemuan dengan Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, dan Raja Abdullah dari Jordania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com