Kompas.com - 19/04/2017, 13:48 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - Para pemimpin ISIS dan Al Qaeda diyakini tengah membicarakan kemungkinan kedua kelompok ini akan menjalin aliansi.

Kemungkinan ini disampaikan wakil presiden Irak Ayad Allawi dalam sebuah wawancara awal pekan ini.

"Diskusi (aliansi) itu sudah dimulai saat ini. Dialog sudah dimulai antara perwakilan Baghdadi dan Ayman al-Zawahiri," kata Ayad Allawi.

Namun, Allawi tidak memberi rincian lebih lanjut terkait bagaimana kedua kelompok ini akan bekerja sama di masa depan.

ISIS terbentuk setelah perseteruan antarfaksi di Suriah mengakibatkan Al Qaeda terpecah pada 2014.

Sejak saat itulah, ISIS dan Al Qaeda bersaing bahkan bertempur memperebutkan rekrutumen anggota, pendanaan, dan siapa yang paling pantas menjadi pemimpin kekilafahan Islam.

Banyak pemimpin senior dan ulama Al Qaeda mengkritik cara-cara ISIS memperlakukan warga sipil yang dianggap terlalu brutal dengan melakukan pemenggalan, penenggelaman, dan pembakaran dalam eksekusi.

ISIS menyapu sebagian wilayah Suriah dan mencaplok sepertiga wilayah Irak pada musim panas 2014, termasuk kota terbesar kedua negeri itu Mosul.

Di masji Al Nuri, Mosul, Abu Bakr al-Baghdadi mengumumkan, pendirian kekalifahan Islam sekaligus menjadi titik puncak perseteruan ISIS dan Al Qaeda.

Sejak Oktober 2016, pasukan koalisi Irak yang didukung serangan udara Amerika Serikat berjuang untuk mengambil kota-kota yang dikuasai ISIS.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.