Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jatuh Menimpa Truk di Supermarket, Lima Orang Tewas

Kompas.com - 17/04/2017, 22:19 WIB

TIRES, KOMPAS.com – Lima orang tewas akibat sebuah pesawat jatuh menimpa sebuah truk lori yang sedang membongkar muatan di depan toko serba ada Lidl di Tires, Portugal, Senin (17/4/2017).

Akibat insiden tersebut, truk lori itu, beberapa mobil lain dan rumah disekitarnya terbakar. Empat orang yang berada di pesawat itu dan seorang lain di darat tewas seketika.

Para saksi mata mengatakan, secara tiba-tiba pesawat kecil jatuh dan menimpa truk lori yang ada di area parkir supermarket Lidl, yang sedang bongkar muatan.

Sebuah rumah ludes terbakar, begitu juga dengan beberapa kendaraan lain di area pakrir, sebagaimana dilaporkan Daily Mirror, Senin malam WIB.

Lebih dari 80 petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Menurut informasi yang belum dapat dikonfirmasi, seorang pria yang tewas di darat adalah sopir truk lori tersebut akibat terjepit rongsokan truk.

Selain lima orang tewas, empat orang lagi mengalami luka ringan dan mengalami gangguan pernapasan karena asap.

Sebuah video yang ditayangkan memperlihatkan kondisi truk yang tertimpa pesawat dengan asap hitam membubung tinggi dari lokasi kejadian.

Beberapa ledakan terdengar di tengah hiruk-pikuk warga yang berusaha melarikan diri dari lokasi jatuhnya pesawat karena mereka mengira akan ada dampak dari musibah itu.

Daily Mirror/Getty Pesawat jatuh menimpa truk barang di Tires, Portugal
Menurut para saksi mata, pesawat kecil itu meledak di udara pada sekitar pukul 11.00 waktu setempat atau sekitar pukul 17.00 WIB.

Pesawat tersebut, yang teregistrasi di Swiss sebagai perusahaan pemasok implan-implan ortopedi, jatuh tidak lama setelah lepas landas, dalam perjalanan ke Perancis selatan.

Seorang saksi mengatakan kepada TV Portugis, pemilik rumah yang terbakar dalam tragedi tersebut berhasil menyelamatkan dirinya sambil menggendong bayi.

Seorang ibu, yang kemudian diketahui bernama Alexandra, yang saat kejadian berada di dalam toko swalayan Lidl mengatakan, “Semuanya diawali dengan begetar seperti gempa bumi dan orang-orang mulai berteriak dan berlari ke segala arah.”

Pesawat jatuh di Tires, kota kecil berjarak sekitar 20 km barat dari Lisbon, ibu kota Portugal, ketika sedang dalam penerbangan ke Marseilles di Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com