Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasihat Keamanan Nasional AS ke Pakistan, Ada Apa?

Kompas.com - 17/04/2017, 22:13 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, H.R. McMaster, berada di Pakistan.

Dia berada di negara itu untuk mengadakan pembicaraan dengan pejabat sipil dan militer, terkait masalah keamanan bilateral, dan usaha untuk menstabilkan Afganistan.

McMaster tiba di Islamabad, Senin (17/4/2017), sehari setelah mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Afganistan di Kabul.

Pembicaraan digelar guna meninjau kembali, dan memeriksa keadaan, terutama misi kontra-pemberontak dan kontra-terorisme militer AS.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama McMaster ke kawasan itu sejak menjadi penasihat keamanan nasional pemerintahan Presiden Donald Trump.

Perjalanan ini diadakan setelah seruan para komandan militer AS untuk penambahan ribuan lagi tentara, demi membantu 4.800 tentara AS yang sudah berada di Afganistan.

Bantuan tersebut diperlukan guna membantu menerobos kesulitan dalam pertempuran melawan Taliban.

McMaster menahan komentar mengenai apakah strategi baru pemerintahan Trump yang sedang dibuat akan mencakup peningkatan kekuatan pasukan AS di Afganistan.

Hal itu terungkap dalam siaran stasiun televisi di Afganistan, usai McMaster menyelesaikan pertemuan-pertemuan di Kabul.

Ia juga mempunyai pesan kepada para pemimpin Pakistan di mana para pejabat Afganistan menuduh pemberontak Taliban telah membuat tempat-tempat persembunyian dan melakukan serangan di dalam Afganistan dengan bantuan badan intelijen negara tetangganya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com