Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Parade Militer, Korut Pamerkan Rudal Balistik Barunya

Kompas.com - 15/04/2017, 13:27 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Untuk pertama kali, Korea Utara memamerkan rudal balistik antarbenua terbaru yang bisa diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

Rudal Pukkuksong-2, jenis submarine launch ballistic missile (SLBM) ini,  diangkut sejumlah truk dalam parade militer besar-besaran di Pyongyang, Sabtu (15/4/2017).

Pada Februari lalu, Korea Utara mengklaim telah berhasil melakukan uji coba peluncuran Pukkuksong-2 yang dirancang untuk mampu mengangkut hulu ledak nuklir.

Choe Hyong Rae, seorang pembantu dekat Kim Jong Un, memberikan sambutan dalam parade militer yang digelar tepat di hari kelahiran ke-105 Kim Il Sung.

"Jika Amerika Serikat melakukan provokasi yang ceroboh maka kekuatan revolusioner kita akan merespon dengan serangan mematikan," ujar Hyong Rae.

"Kita akan merespon dengan perang besar hingga perang nuklir dengan serangan senjata nuklir kita," tambah dia.

Selain senjata terbarunya itu, Korea Utara juga memamerkan sejumlah persenjataan lainnya seperti misil balistik antarbenya (ICBM).

"Nampaknya yang dipamerkan adalah ICBM baru. Bentuknya lebih panjang dri misil KN-08 dan KN-14 yang sudah ada selama ini," ujar seorang perwira militer kepada kantor berita Yonhap.

Hari kelahiran Kim Il Sung atau dikenal sebagai "Hari Matahari" merupakan hari terpenting dalam kalender pemerintah Korea Utara.

Untuk memperingati hari penting ini biasanya digelar berbagai acara, termasuk parade militer. Dan kali ini parade militer Korea Utara sekaligus digunakan sebagai bentuk pamer kekuatan terhadap Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com