Kompas.com - 14/04/2017, 15:39 WIB
EditorAmir Sodikin

MANILA, KOMPAS.com - Militer Filipina melaporkan, komandan Abu Sayyaf, Muammar Askali alias Abu Rami tewas dalam tembak-menembak di Pulau Bohol. Askali diduga memiliki afiliasi dengan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Askali juga diduga berada di balik pemenggalan sandera Jerman baru-baru ini.

Tentara Filipina berhasil mengepung kubu militan Abu Sayyaf di Pulau Bohol. Enam militan Abu Sayyaf dan tiga serdadu militer Filipina tewas dalam insiden itu, dua serdadu menderita luka-luka, demikian laporan Deutsche Welle

Kepala Staf Militer Jenderal Eduardo Ano mengatakan hari Rabu (12/4), militan yang terbunuh antara lain komandan Abu Sayyaf Muammar Askali alias Abu Rami.

Dia diduga kuat berada dibelakang aksi pemenggalan sandera Kanada dan Jerman beberapa waktu lalu. Kelompoknya berlayar jauh dari basis mereka di Selatan Filipian untuk melakukan aksi penculikan baru, kata Eduardo Ano.

"Ini merupakan prestasi yang sangat besar dan pukulan besar terhadap Abu Sayyaf," katanya kepada wartawan.

Tubuh Rami ditemukan setelah bentrokan bersenjata di sebuah desa di kota pesisir Inabanga, sekitar 600 kilometer selatan Manila, jelasnya.

"Banyak sekali aksi-aksi kekejaman Abu Rami," kata Eduardo Ano. "Dia bahkan dipandang sebagai salah satu calon pemimpin Abu Sayyaf di masa depan."

Menurut laporan intelijen militer, Abu Rami memerintahkan pemenggalan dua warga Kanada pada tahun 2016 dan sandera Jerman berusia 70-tahun pada Februari lalu, setelah tuntutan kelompoknya untuk uang tebusan tidak dipenuhi.

Abu Rami juga yang merencanakan aksi penculikan pasangan Jerman dari negara bagian Sabah, Malaysia, April 2014. Para sandera dibebaskan enam bulan kemudian setelah pembayaran uang tebusan senilai 5 juta dolar AS.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.