Kompas.com - 13/04/2017, 10:40 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (12/4/2017), bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, setelah mengeluhkan memburuknya hubungan dengan pemerintahan Donald Trump.

Putin menerima Tillerson di Kremlin bersama Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov. Sebelumnya Lavrov dan Tillerson telah melakukan pembicaraan selama beberapa jam yang didominasi masalah Suriah.

Meski awalnya pemerintahan Donald Trump bisa memperbaiki hubungan dengan Rusia, tetapi beberapa hari terakhir kedua negara terlibat perang kata-kata setelah AS menyerang pangkalan udara milik pemerintah Suriah.

Rusia mengecam serangan rudal tomahawk AS ke pangkalan AU Suriah dan di saat Tillerson bertemu Lavrov, Putin mengakui hubungan Rusia dan AS memang memburuk.

"Anda bisa katakan level kepercayaan, khususnya di antara kalangan militer, tak membaik malah cenderung memburuk," ujar Putin dalam wawancara dengan stasiun televisi Mir.

"Mana buktinya bahwa tentara Suriah menggunakan senjata kimia? Tak ada sama sekali. Yang ada yaitu pelanggaran hukum internasional. Itu adalah fakta," Putin menegaskan.

Sementara itu, dalam awal pembicaraan dengan Menlu Lavrov, Tillerson menginginkan agar semua area di mana kedua negara memiliki kepentingan yang sama dipastikan.

Kepada Tillerson, Lavrov mengatakan, Moskwa sangat ingin memahami keinginan Washington dan memperingatkan Kremlin menganggap penting untuk mencegah AS kembali menyerang Suriah.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.