Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Akhirnya Bertemu dengan Presiden Vladimir Putin

Kompas.com - 13/04/2017, 10:40 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (12/4/2017), bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, setelah mengeluhkan memburuknya hubungan dengan pemerintahan Donald Trump.

Putin menerima Tillerson di Kremlin bersama Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov. Sebelumnya Lavrov dan Tillerson telah melakukan pembicaraan selama beberapa jam yang didominasi masalah Suriah.

Meski awalnya pemerintahan Donald Trump bisa memperbaiki hubungan dengan Rusia, tetapi beberapa hari terakhir kedua negara terlibat perang kata-kata setelah AS menyerang pangkalan udara milik pemerintah Suriah.

Rusia mengecam serangan rudal tomahawk AS ke pangkalan AU Suriah dan di saat Tillerson bertemu Lavrov, Putin mengakui hubungan Rusia dan AS memang memburuk.

"Anda bisa katakan level kepercayaan, khususnya di antara kalangan militer, tak membaik malah cenderung memburuk," ujar Putin dalam wawancara dengan stasiun televisi Mir.

"Mana buktinya bahwa tentara Suriah menggunakan senjata kimia? Tak ada sama sekali. Yang ada yaitu pelanggaran hukum internasional. Itu adalah fakta," Putin menegaskan.

Sementara itu, dalam awal pembicaraan dengan Menlu Lavrov, Tillerson menginginkan agar semua area di mana kedua negara memiliki kepentingan yang sama dipastikan.

Kepada Tillerson, Lavrov mengatakan, Moskwa sangat ingin memahami keinginan Washington dan memperingatkan Kremlin menganggap penting untuk mencegah AS kembali menyerang Suriah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com