Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mesir Ungkap Identitas Pengebom Gereja Koptik di Alexandria

Kompas.com - 13/04/2017, 09:51 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Kementerian dalam negeri Mesir akhirnya mengungkap identitas pelaku pengeboman gereja St Markus di Alexandria pada Minggu (9/4/2017).

Dalam pernyataan resmi pada Rabu (12/4/2017), kementerian dalam negeri menyebut pelaku adalah Mohamed Hassan Mubarak Abdullah (31), warga provinsi Suez.

Abdullah meledakkan diri di Gereja St Markus yang secara tradisional merupakan tempat Paus Koptik bertahta. Dalam tragedi itu setidaknya 17 orang yang sedang mengikuti misa Minggu Palem, tewas.

Kemendagri Mesir menambahkan, Abdullah diketahui sebagai warga provinsi Mesir dan bekerja di sebuah perusahaan minyak.

Kemendagri kemudian mengunggah sebuah foto yang disebut sebagai Abdullah di laman Facebooknya. Foto itu disandingkan dengan gambar hasil rekaman CCTV di luar gereja.

Pemerintah menyebut Abdullah memiliki kaitan dengan sel-sel ISIS yang mendalangi pengemboman di katedral Koptik terbesar di Kairo pada Desember lalu.

Sementara itu, aparat keamanan masih berupaya mengidentifikasi pelaku bom bunuh diri di gereja Koptik kota Tanta.

Pemerintah menambahkan, pada Senin (10/4/2017), aparat keamanan berhasil menewaskan tujuh anggota kelompok militan yang sedang merencanakan serangan terhadap umat minoritas.

Pernyataan pemerintah menyebutkan 19 tersangka lainnya yang tergabung dalam sel-sel kelompok militan yang sama.

Pemerintah menawarkan 100.000 poundsterling Mesir atau sekitar Rp 83 juta bagi siapa saja yang memberikan informasi tentang para anggota militan itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com