Kompas.com - 12/04/2017, 22:27 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ADEN, KOMPAS.com – Pertempuran intensif terjadi antara pasukan pemerintah Yaman dan pemberontak Houthi sehingga 15 pemberontak dan tiga tentara tewas.

Perwira militer dan sumber di kalangan medis menyampaikan hal itu pada Rabu (12/4/2017), sebagaimana dilaporkan Agence France-Presse.

Bentrokan bersenjata meningkat ketika pasukan pemerintah, yang didukung jet-jet tempur koalisi Arab Saudi, mulai mendesak posisi pemberontak di timur Mokha, kota di tepi Laut Merah.

Lima belas pemberontak tewas dalam pertempuran dan serangan udara dalam 24 jam terakhir hingga Rabu siang, seperti dilaporkan pemberontak dari kota Hodeida.

Militer dari Aden – pusat pemerintahan presiden terguling Abdu Rabbo Mansour Hadi setelah Sana’an dikuasi pemberontak – melaporkan, tiga tentara juga tewas dalam pertrempuran itu.

Pasukan loyalis Hadi telah merebut Mokha pada Februari lalu, dan saat ini tengah berjuang untuk membersihkan seluruh pensisir Laut Merah dari pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Juru bicara koalisi Jenderal Ahmed Assiri mengatakan, operasi saat ini bertujuan untuk menutup rute timur Mokha menuju kota titik pertempuran di Taez, di mana loyalis dikepung pemberontak.

"Rute antara Mokha dan Taez harus dikuasai. Dalam perjalanan, ada pangkalan militer Khalid bin al-Walid yang menjadi buktir kuat kehadiran  Houthi dan pasukan sekutu pemberontak,  yang setia kepada mantan Presiden Ali Abdullah Saleh.

"Ini adalah daerah yang sulit," kata Assiri. Ia menambahkan lima tentara Sudan juga tewas di zona yang sama, yang juga dikenalsebagai Jabal al-Nar.

Sudan telah memberikan kontribusi pasukan untuk koalisi Arab Saudi yang meluncurkan kampanye militer melawan pemberontak Houthi pada Maret 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.