Kompas.com - 11/04/2017, 07:18 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BEIJING, KOMPAS.com – Pemerintah China mengerahkan 150.000 tentara ke perbatasan dengan Korea Utara untuk mengantispasi jika Amerika Serikat menyerang rezim Kim Jong Un.

Selain itu China juga mengirim pasokan-pasokan medis untuk mendukung operasi di perbatasan, sebagaimana dilaporkan Daily Mirror, Senin (10/4/2017).

Pengiriman tenaga dan perlengkapan medis ke perbatasan dengan Korut juga untuk mengantisipasi gelombang pengungsi jika AS benar-benar melakukan serangannya.

Langkah China diambil setelah Presiden Donald Trump menyampaikan sikapnya terhadap program nuklir Korut menyusul serangan 60 rudal AS ke pangkalan udara militer Suriah.

Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, juga telah menegaskan bahwa penembakan 60-an rudal tomahawk AS ke Suriah, yang diduga melakukan serangan senjata kimia kepada warga sipil, merupakan pesan kepada bangsa-bangsa lain, termasuk Korut.

Baca juga: Antisipasi Korut, AS Kirim Kapal Induk ke Semenanjung Korea

Tillerson mengatakan, pihak mana pun akan mendapat "respons serupa" jika tindakan mereka menimbulkan bahaya bagi yang lain.

Peringatan itu tegas diarahkan kepada Korut, yang semakin agresif melancarkan uji rudal balistik jarak jauhnya sehingga Jepang dan Korsel merasa terancam.

Angkatan Laut AS juga telah bertolak ke Semenanjung Korea. Tillerson menegaskan, tindakan itu telah disetujui China dalam kaitannya untuk mengatasi program nuklir Korut.

Serangan udara AS ke pangkalan Suriah menyebabkan kerisauan di sebagian masyarakat China yang percaya bahwa Korut adalah target AS berikutnya sebagaimana dilaporkan harian Jepang, Sankei.

AFP Amerika Serikat mengatakan telah mengirim kapal perangnya ke Semenanjung Korea.
Trump dan timnya telah bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping, pekan lalu dan program nuklir Korut merupakan tema utama dalam pertemuan itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.