Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2017, 06:28 WIB
EditorErvan Hardoko

ROMA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus baru saja membuka sebuah tempat mencuci pakaian gratis untuk para tunawisma di kota Roma, Italia.

Tempat itu menyediakan beberapa mesin cuci, deterjen, pengering, serta setrika untuk digunakan para tunawisma.

Vatikan menyebut, proyek ini sebagai cara untuk mengembalikan martabat para tunawisma yang tak mampu membayar untuk layanan semacam itu.

Dalam beberapa bulan ke depan, Vatikan juga akan menyediakan kamar mandi, tukang cukur, pakaian dan pusat kesehatan gratis bagi para tunawisma ini.

Juru bicara Vatikan, Konrad Krajewski mengumumkan pembukaan Lavanderia di Papa Francesco atau "Laundry Paus Fransiskus" pada Senin (10/4/2017).

Lokasi tempat mencuci pakaian ini adal di kawasan Trastevere, Roma di sebuah rumah sakit yang dikenal dengan nama "Pusat Kedamaian Warga" dan dikelola komunitas Sant'Egidio.

Kelompok ini, yang sudah melayani kaum tunawisma selama 10 tahun, mengatakan, mereka ingin memberikan pelayanan bagi masyarakat termiskin, terutama para tunawisma yang ingin mencuci pakaian dan selimut mereka.

Peralatan di tempat itu merupakan sumbangan dari Whirlpool dan Procter and Gamble. Kedua perusahaan ini sudah terlibat dalam program "pisau dan sabun cukur gratis" untuk para tunawisma di sekitar lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Pada Januari lalu, Vatikan membagikan kantung-kantung tidur bagi para tunawisma dan mobil-mobil milik Vatikan diparkir dengan pintu terbuka.

Maksudnya, agar para tunawisma bisa bergantian duduk menghangatkan diri di dalam mobil-mobil itu.

Pada 2015, Vatikan juga membuka sebuah penginapan lengkap dengan semua layanannya untuk para tunawisma di kota Roma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.