Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Orang Tewas akibat Truk Tabrak Kerumuman Massa

Kompas.com - 07/04/2017, 22:47 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Sebuah truk yang menabrak kerumunan orang di Stockholm, ibu kota Swedia, untuk sementara ini menyebabkan sedikitnya tiga orang tewas, Jumat (7/4/2017).

Perdana Menteri Swedia, Stefan Lofven, yang sedang berkunjung ke kawasan Swedia barat, memberi pernyataan singkat bahwa negara diserang .

Semuanya mengindikasikannya sebagai tindakan terorisme. Lofven juga langsung kembali ke ibu kota Stockholm.

Sementara Dinas Intelijen Swedia mengatakan, insiden ini dilihat sebagai serangan yang disengaja.

Adapun perusahaan pemilik truk, Spendrups, mengatakan, truk yang bersangkutan dibajak sebelumnya pada hari yang sama ketika menurunkan barang ke sebuah restoran.

"Seorang masuk ke dalam ruang tempat supir dan melarikan truk ketika supir sedang menurunkan barang," jelas juru bicara perusahaan bir tersebut kepada kantor berita TT.

Beberapa laporan menyebutkan seorang sudah ditangkap namun belum dikukuhkan oleh aparat keamanan.

Baca juga: Sebuah Minibus Terjang Sekelompok Warga di Kota Stockholm

Kepolisian Swedia mengatakan sejumlah orang cedera dalam insiden tersebut selain tiga korban jiwa.

Insiden tersebut terjadi di Drottninggatan, salah satu kawasan utama pejalan kaki di ibu kota itu menjelang pukul 15.00 waktu setempat.

Suara tembakan dilaporkan juga terdengar di bagian kota yang lain namun belum diketahui apakah kedua insiden saling berkaitan atau tidak.

Para saksi mata mengatakan kepada media lokal bahwa satu truk menabrak jendela pusat pertokoan Ahlens dan melihat orang-orang tergeletak.

"Terjadi kebingungan saya tidak tahu berapa yang cedera. Banyak yang terkejut," kata Leif Arnmar -yang bekerja di pusat pertokoan itu kepada stasiun TV Swedia, SVT.

Andreas Schyman / TT News Agency / AFP Sebuah minibus menabrak sekelompok orang di depan pusat perbelanjaan Ahlen di Stockholm, Swedia, Jumat (7/4/2017).
Serangan teror 2010

Tempat insiden terbaru ini terletak tidak jauh dari serangan teror tahun 2010 yang dilakukan oleh Taimour Abdulwahab, seorang warga Swedia yang tinggal di Luton, Inggris.

Abdulwahab -yang diyakini polisi bergerak sendiri- meledakkan dirinya di Bryggargatan pada 11 Desember 2010 lalu. Tidak ada korban jiwa lain dalam serangan itu.

Dia menaruh bahan peledak di sebuah mobil dengan harapan agar orang-orang kemudian menyelamatkan diri ke Drottninggatan, tempat dia berencana untuk memicu dua bahan peledak lainnya.

Bom mobil meledak namun dia tidak berhasil memicu dua bahan peledak lainnya sesuai rencana.

Dia memang sempat menuju ke Drottninggatan namun secara tidak sengaja meledakkan bom di depan badannya sehingga hanya menewaskan dirinya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com