Kompas.com - 07/04/2017, 12:45 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BEIRUT KOMPAS.com - Sebuah lembaga pemantau kubu opisisi di Suriah menyebutkan, serangan 60 peluru kendali tomahawk Amerika Serikat ke sebuah pangkalan udara di Provinsi Homs, Jumat pagi, mendatangkan korban jiwa.

Serangan terukur yang menyasar pesawat, gudang senjata, menara pengawas, dan fasilitas pertahanan udara milik militer Suriah ini, dikabarkan menewaskan setidaknya empat orang.

Seperti diberitakan Associated Press, keempat korban tewas itu adalah anggota militer, yang salah satunya berpangkat Jenderal.

Baca: Serangan Senjata Kimia di Suriah, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Selain itu, lembaga ini pun memastikan bahwa rudal-rudal yang ditembakkan AS dari dua buah kapal perang di Laut Tengah tersebut telah menyebabkan kerusakan besar.

Kepala lembaga pemantau hak asasi manusia Suriah yang berpusat di Inggris, Observatory for Human Rights, menyebutkan,serangan itu menghancukan puluhan hanggar.

Selain itu depot bahan bakar dan sistem pertahanan udara yang berada di lokasi tersebut pun hancur. 

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 60 rudal tomahawk ditembakkan ke pangkalan udara Shayrat, di wilayah tenggara Provinsi Homs.

Baca: Balas Dendam Pakai 60 Rudal Tomahawk ke Suriah, Apa yang Disasar AS?

Pangkalan tersebut merupakan pangkalan udara kecil, dengan dua landas pacu. Namun, AS meyakini serangan senjata kimia di Provinsi Idlib yang menewaskan puluhan warga sipil diberangkatkan dari lokasi ini.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.