Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Senjata Kimia di Suriah, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Kompas.com - 07/04/2017, 06:09 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Turki mengatakan hasil otopsi dari para korban serangan di Suriah utara, Selasa (4/4/2017) menunjukkan senjata kimia memang digunakan dalam serangan itu.

Setelah serangan udara di Khan Sheikhoun, Provinsi Idlib, yang dikuasai pemberontak, sebagian korban luka-luka dibawa ke Turki.

Para korban mendapatkan perawatan, tiga di antara mereka kemudian meninggal dunia.

Namun siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas serangan yang diduga menggunakan gas beracun yang menyebabkan puluhan orang meninggal dunia, termasuk anak-anak?

Baca: Serangan Udara dengan Gas Beracun, 35 Warga Sipil Tewas

Apa yang terjadi?

Menurut kelompok pemantau yang berkantor di Inggris Syrian Observatory for Human Rights, 20 anak-anak dan 52 orang dewasa meninggal dunia dalam tersebut. 

Rekaman gambar sesudah peristiwa itu menunjukkan warga sipil, banyak di antara mereka adalah anak-anak, mengalami sesak nafas dan mengeluarkan busa dari mulut.

Baik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun badan aman medis MSF mengatakan sebagian korban mengalami gejala-gejala yang konsisten dengan paparan zat saraf.

Para saksi mata mengatakan klinik-klinik yang merawat korban luka kemudian dijadikan sasaran serangan udara.

Temuan Turki

Berdasarkan pemeriksaan terhadap korban yang dirawat di dalam wilayah Turki, Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan hasil otopsi mengukuhkan, senjata kimia memang digunakan dalam serangan itu.

Bekir Bozdag lebih lanjut mengatakan pasukan militer Suriah di bawah pemerintahan Presiden Bashar al-Assad bertanggung jawab.

Namun Bozdag tidak menyebut nama bahan zat kimia yang digunakan. Dia juga tidak memberikan bukti-bukti yang mungkin membuktikan bahwa versi kejadian yang diberikan oleh pemerintah Suriah dan sekutunya, Rusia, salah.

Versi Suriah dan Rusia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com