Kompas.com - 06/04/2017, 16:33 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DEIR EZ-ZOR, KOMPAS.com - Para algojo kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) kembali melakukan tindakan kejamnya, yakni mengeksekusi 33 remaja dan pemuda.

Harian Mirror, Kamis (6/4/2017), melaporkan, para korban umumnya berusia  antara 18 tahun hingga 25 tahun.

Media Inggris itu mengutip organisasi Pemantau HAM Suriah (SOHR) bahwa para korban diekseksi di guru al-Mayadin, dekat kota Deir ez-Zor, Rabu (5/4/2017) pagi.

Para korban dibunuh dengan “senjata tajam” dan tindakan keji itu dilakukan di pinggiran sebuah lubang besar yang sengaja digali para militan begis tersebut.

Menurut SOHR, identitas para korban hingga saat ini belum diketahui dengan pasti.

Tanda pembantaian tampak di leher para korban. Tidak jelas, apakah para korban itu bersekutu dengan milisi lain, tentara Suriah, ataukah tawanan ISIS.

Menurut para aktivis SOHR di disebar di Suriah, "pembantaian terbaru ini merupakan yang terbesar dan merupakan eksekusi massal pertama oleh ISIS pada tahun 2017."

Tindakan tak berperikemanusiaan itu terjadi tak lama setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan, AS dan sekutunya akan menghancurkan kelompok teror tersebut demi "melindungi peradaban".

"Kami akan menghancurkan ISIS dan kami akan melindungi peradaban," kata Trump pada konferensi pers di Gedung Putih bersama Raja Jordania, Abdullah.

"Kami tidak punya pilihan," kata Trump. Dia mengatakan raja telah menjadi pemimpin dalam perang untuk mengalahkan ISIS.

Juru bicara ISIS, Abi al-Hassan al-Muhajir mengatakan, "Amerika telah tenggelam dan tidak ada lagi penyelamat” bagi dunia ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.