Kompas.com - 06/04/2017, 12:36 WIB
EditorErvan Hardoko

KATHMANDU, KOMPAS.com - Seekor badak jantan tertangkap kamera sedang berusaha menyerang para pakar konservasi yang menunggang gajah.

Momen luar biasa itu terjadi beberapa saat setelah badak bercula satu itu dilepaskan ke habitat barunya di sebuah taman nasional di Nepal.

Tak hanya menyerang petugas, badak tersebut juga menyerang truk yang mengangkutnya sehingga memaksa para petugas berlarian mencari tempat bersembunyi di balik pepohonan.

Mamalia bertubuh besar itu dilepaskan di Taman Nasional Chitwan, Nepal sebagai bagian dari upaya untuk mendongkrak jumlah populasi hewan tersebut.

Baca: Nepal Pindahkan 5 Ekor Badak Bercula Satu yang Langka

Jumlah badak bercula satu di Nepal hampir punah akibat aksi pemburu liar yang terus berusaha mendapatkan cula yang di pasar gelap dihargai dengan harga yang sangat mahal.

Meski upaya konservasi ini sudah meningkatkan jumlah hewan langka tersebut, tetapi diyakini jumlah badak di India dan Nepal masih berada di bawah 4.000 ekor.

Tim pakar konservasi berharap bisa melepaska empat lagi badak jantan pekan ini di Taman Nasional Chitwan untuk membentuk sebuah kelompok pembiakan baru.

"Dia adalah salah satu jantan dominan di kawasan ini," kata kepala taman nasional Chitwan, Ram Chandra Kandel soal badak jantan yang mengamuk itu.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.