Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Trem di Hongkong Terbalik, 17 Orang Terluka

Kompas.com - 06/04/2017, 12:16 WIB

HONGKONG, KOMPAS.com - Pengemudi trem tingkat yang terbalik dan melukai sembilan penumpangnya di Hongkong akhirnya ditangkap pada Kamis (6/4/2017), dengan dakwaan membahayakan nyawa orang lain.

Sebanyak lima orang perempuan dan sembilan laki-laki termasuk pengemudi saat trem itu terbalik pada Rabu (5/4/2017) sekitar tengah malam.

Kepolisian Hongkong mengatakan, pengemudi trem bernama Lo (23) kini sedang menjalani pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu.

Stasiun televisi setempat memperlihatan pasukan pemadam kebakaran tengah berada di lokasi dan seorang korban harus menggunakan topeng oksigen saat dikeluarkan dari trem yang terbalik itu.

Insiden itu adalah kecelakaan kedua yang melibatkan sarana transportasi publik di Hongkong tahun ini. Infrastruktur transportasi publik Hongkong selama ini dianggap sebagai salah satu yang paling baik dan paling aman di dunia.

Pada Februari lalu, sebanyak 17 orang terluka saat api melalap sebuah kereta bawah tanah memicu evakuasi di stasiun Tsim Sha Tsui di masa jam sibuk dan menimbulkan kekacauan di peron.

Polisi kemudian berhasil menangkap pria pelaku pembakaran di kereta api bawah tanah itu.

Trem, atau di Hongkong dikenal dengan nama ding-ding karena bunyi belnya itu, telah melayani kota itu selama lebih dari satu abad dan mengangkut 200.000 penumpang sehari.

Dengan armada sebanyak 160 trem, maka jaringan trem di Hongkong adalah yang terbesar di dunia. Biaya untuk naik trem ini terbilang murah yaitu hanya 2,30 dolar Hongkong atau kurang dari Rp 4.000 untuk penumpang dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com