Kompas.com - 06/04/2017, 10:56 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan sukses menembakkan sebuah misil balistik buatan dalam negeri yang mampu menghantam lokasi manapun di Korea Utara.

Demikian dilaporkan kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Kamis (6/4/2017).

Peluncuran misil balistik ini terjadi beberapa hari setelah Korea Utara menembakkan misil balistiknya ke Laut Jepang.

Penembakan misil Korea Utara itu diduga sebagai bentuk peringatan jelang pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump.

Mengutip pernyataan seorang pejabat tinggi Korea Selatan, Yonhap mengabarkan, misil dengan daya jelajah hingga 800 kilometer itu bisa menjadi senjata yang ampuh untuk menangkis serangan Pyongyang.

Baca: Kemenhan Korea Selatan Sebut Uji Coba Rudal Korea Utara Gagal

Pemerintah Korea Selatan berencana menggunakan misil baru tersebut tahun ini setelah tes lanjutan untuk menguji kehandalannya digelar.

Misil baru ini jika ditembakkan dari wilayah paling selatan Korea Selatan masih mampu menjangkau semua sasaran di Korea Utara.

Korea Selatan sebenarnya dilindungi dalam sebuah payung keamanan AS dan ribuan tentara AS ditempatkan di negara itu.

Namun, pada 2012, Korea Selatan mencapai kesepakatan dengan AS untuk memasang sistem misil balistik tiga kali lipat lebih banyak untuk menjaga negeri itu dari kemungkinan invasi Korea Utara.

Sejak saat itu juga Korea Selatan mulai mengembangkan sendiri misil dengan jarak tembak yang semakin jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.