Kompas.com - 05/04/2017, 22:16 WIB
EditorErvan Hardoko

PARIS, KOMPAS.com - Organisasi amal Doktor Tanpa Batas (MSF), Rabu (5/4/2017), mengatakan telah menemukan tandatanda penggunaan gas saraf seperti sarin dalam serangan gas di Suriah.

Tim MSF memeriksa sejumlah korba di RS Bab al-Hawa, sekitar 100 kilometer sebelah utara lokasi serangan senjata kimia di provinsi Idlib itu.

"Delapan pasien menunjukkan beberapa gejala seperti pupil mata mengecil, otot bergetar, dan buang-buang air," demikian MSF.

"Gejala-gejala itu sesuai dengan yang dialami korban gas saraf beracun seperti sarin atau sejenisnya," tambah MSF.

Tim MSF juga mengunjungi beberapa rumah sakit di mana para korban dirawat. Tim MSF melaporkan bau pemutih muncul dari tubuh korban yang membuktikan mereka telah terkena gas klorin.

Sementara itu, Rusia tetap mendukung sekutunya Suriah menjelang sidang Dewan Keamanan PBB untuk membahas dugaan keterlibatan Presiden Bashar al-Assad dalam serangan kimia itu.

Setidaknya 72 orang tewas, termasuk 20 orang anak-anak, ketika kota Khan Sheikhun yang dikuasai pemberontak Suriah diserang pemerintah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.