Kompas.com - 03/04/2017, 18:23 WIB
EditorErvan Hardoko

KATHMANDU, KOMPAS.com - Pemerintah Nepal, Senin (3/4/2017), terpaksa menutup satu-satunya bandara internasional di negeri itu selama sekitar 30 menit.

Penyebab penutupan bandara itu adalah seekor macan tutul terlihat berkeliaran di dekat landasan pacu.

Juru bicara bandara internasional Kathmandu mengatakan, para petugas linkungan hidup langsung mencari hewan tersebut yang diyakini bersembunyi di saluran air setelah seorang pilot melihatnya.

"Kami menutup bandara sekitar 30 menit setelah laporan itu, tetapi kami belum menemukan hewan tersebut," kata Pram Nath Thakur, juru bicara bandara internasional Kathmandu.

Akibat penutupan bandara itu, satu jadwal penerbangan internasional tertunda. Namun, tak ada jadwal penerbangan lain selama bandara itu ditutup.

Kota Kathmandu memang berada tak jauh dari perbukitan yang ditutupi hutan dan macan tutul kerap terlihat memasuki kota tersebut.

Di masa lalu, burung kerap menjadi masalah di bandara dengan hanya satu landasan pacu itu. Selain itu ternak dan anjing liar juga kerap muncul dan mengganggu penerbangan.

Pada 2016, sebuah pesawat terbang yang membawa sembilan orang penumpang terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah seekor burung menabrak sayap kanannya.

Sedangkan pada 2012, 19 orang tewas setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh usai menabrak burung tak lama setelah lepas landas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.